Nofhel, Deni
(2023)
Kemampuan Literasi Media Siswa di SMAN 1 Lubuk Sikaping
Berbasis Individual Competence Framework.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana kemampuan literasi media siswa di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kemampuan siswa dalam menggunakan media, memahami media, menganalisis, mengevaluasi, dan memproduksi informasi di media. Lokasi penelitan dilakukan di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping Jl. M Yamin No.2, Lubuk Sikaping, Pauah, Pasaman, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping dengan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen utama yang digunakan yaitu kuesioner penelitian yang sudah diuji kevalidan dan kereliabilitasnya, jumlah sampel sebesar 92 orang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik kuesioner dan pengolahan data kuesioner melalui tahapan editing, tabulasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: pada indikator Use Skill (kemampuan teknis) memiliki skor rata-rata 3,41 yang berada pada skala interval 3,25 – 4,00 sehingga dapat disimpulkan kemampuan teknis siswa SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping dikategorikan sangat baik. pada indikator Critical Understanding (pemahaman kritis) memiliki skor rata-rata 3,47 yang berada pada skala interval 3,25 – 4,00 sehingga dapat disimpulkan pemahaman kritis siswa SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping dalam kategori sangat baik. pada indikator Comunicative Abillitis (kemampuan komunikatif) memiliki skor rata-rata 3,16 yang berada pada skala interval 2,50 – 3,24 sehingga dapat disimpulkan siswa SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping memiliki kemampuan komunikatif dalam kategori baik. pada indikator Evaluasi dan Analisis memiliki skor rata-rata 3,15 yang berada pada skor interval 2,50 – 3,24 sehingga dapat disimpulkan kemampuan mengevaluasi dan menganalisis infirmasi siswa SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping dalam kategori baik.
Actions (login required)
|
View Item |