Meningkatkan Pembelajaran Rambu-rambu Lalu Lintas Melalui Metode Pretend Play bagi Anak Tunagrahita Kelas V SLB Negeri Perwari Padang.

Yulianti, Ace (2023) Meningkatkan Pembelajaran Rambu-rambu Lalu Lintas Melalui Metode Pretend Play bagi Anak Tunagrahita Kelas V SLB Negeri Perwari Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ICE_YULIANTI_19003139_5316_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan yang ditemukan di SLB Perwari Padang di kelas V terdapat dua orang anak tunagrahita ringan yang memiliki masalah dalam pembelajaran rambu-rambu lalu lintas. Pada waktu pengamatan guru mengunakan metode demonstrasi dan ceramah sehingga dalam proses pembelajaran kurang maksimal. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti berharap dapat menggunakan metode pretend play untuk meningkatakan kemamapuan anak dalam pemebelajaran rambu-rmabu lalau lintas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan tatap muka dan setiapa pembelajaran dilakukan evaluasi. Siklus yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanan, pelaksanan tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pembelajaran rambu-rambu lalu lintas mengunakan metode pretend play anak bersemangat saat pembelajaran. Upaya guru dalam hal ini adalah memberikan pembelajaran dengan mengoptimalkan metode pretend play guna untuk meningkatakan pembelajaran rambu-rambu lalau lintas pada anak. Proses pembelajaran berjalan baik sesuai dengan perencananan dan kemampuan yang diperoleh sisiwa juga meningkat. Hal ini terlihat dari data pengukuran awal kemampuan pembelajran rambu-rambu lalu lintas pada 34 indikator yaitu anak inisial HN sebesar (26 %) dan anak inisial NH sebesar (26 %). Pada siklus I potensi HN meningkat ( 61 % ) dan NH meningkat ( 64 % ). Siklus II peningkatan potensi HN ( 91 % ) Dan potensi NH ( 94 % ). Dari sini dapat disimpulka bahwa metode prtend play dapat meningkatakan praktek pembelajaran rambu-rambu lalu lintas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDZulmiyetri, ZulmiyentriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak tunagrahita rambu-rambu lalau lintas pretend play
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:50
Last Modified: 22 Jan 2024 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49832

Actions (login required)

View Item View Item