Meningkatkan Keterampilan Merawat Diri Menggunakan Teknik Total Task Presentation Bagi Siswa Tunagrahita Kelas IV Di SLB Bina Bangsa Padang.

Ayuni, Fitri (2023) Meningkatkan Keterampilan Merawat Diri Menggunakan Teknik Total Task Presentation Bagi Siswa Tunagrahita Kelas IV Di SLB Bina Bangsa Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_FITRI_AYUNI_19003136_6050_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mandi pada siswa tunagrahita sedang kelas IV di SLB Bina Bangsa Padang. Hal tersebut perlu ditingkatkan, supaya siswa bisa mandiri dalam melakukan mandi di kehidupan sehari-hari, dan tidak bergantung kepada orang lain dalam melakukan mandi. Oleh karena itu permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah "apakah teknik total task presentation dapat meningkatkan keterampilan mandi pada anak tunagrahita sedang kelas IV di SLB Bina Bangsa Padang?" Penelitian ini Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan subjek tunggal atau single subject research berdesain A-B-A. Subjek pada penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita sedang yang berjenis kelamin perempuan dengan inisial RSY yang sekarang duduk di bangku kelas IV SDLB. Siswa dengan inisial RSY memiliki permasalahan dalam hal bina diri salah satunya mandi. Siswa dengan inisial RSY belum bisa mandi dengan tepat, saat mandi RSY hanya menggosok tubuh bagian depan saja. Penelitian ini menggunakan metode teknik total task presentation sebagai variabel bebas, dan variabel terikat berupa meningkatkan keterampilan mandi. Penelitian menggunakan analisi dalam kondisi dan analisis antar kondisi, yang mana dapat digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan dari kecenderungan stabilitas pada mean level Al yakni 46.87%, lalu terjadi kenaikan saat diberikan intervensi (B) yang mana mean levelnya 79,12% dan setelah intervensi di lepaskan mean level A2 yakni 83,59%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan disetiap kondisi yang mana bearti anak mengalami peningkatan pada keterampilan mandi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: teknik total task presentation keterampilan mandi tunagrahita sedang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:27
Last Modified: 22 Jan 2024 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49828

Actions (login required)

View Item View Item