Efektivitas Model Explicit Instruction Dalam Meningkatkan Kemampuan Menanak Nasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan.

Andrian, Dina (2023) Efektivitas Model Explicit Instruction Dalam Meningkatkan Kemampuan Menanak Nasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_DINA_ANDRIAN_19003132_5329_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan anak tunagrahita ringan yang ditemukan pada kelas VI SLB yaitu permasalahan pada kemampuan bina dirinya keterampilan hidup mencangkup salah satunya keterampilan memasak sederhana yaitu menanak nasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah model explicit instruction efektif dalam meningkatkan kemampuan menanak nasi bagi anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Reseacrh (SSR) dengan desain berbentuk A-B. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak tunagrahita ringan di kelas VI SLB Mummadiyah Pauh IX Padang. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik tes perbuatan. Kemudian menggunakan teknik analisis data dengan visual grafik. Hasil analisis sebanyak 10 kali pengamatan data yang diperoleh yaitu pada baseline ( a) 44%, 47%, 47%,47%. Dan pengamatan pada kondisi intevensi (b) yaitu 66%, 71 %, 79%, 87%, 87%, 87%, 87%. Dapat disimpulkan hasil peneliitan ini mengindisakikan bahwa model explicit instruction fektif dalam meningkatkan kemampuan menanak nasi bagi anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak Tunagrahita Ringan Model Explicit Instruction Menanak Nasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:27
Last Modified: 22 Jan 2024 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49825

Actions (login required)

View Item View Item