Kekerabatan Bahasa Batak Toba di Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara dan Bahasa Minangkabau di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang Provinsi Sumatera Barat

Sihombing, Debora Chatarina (2023) Kekerabatan Bahasa Batak Toba di Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara dan Bahasa Minangkabau di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_DEBORA_CHATARINA_SIHOMBING_19017045_5150_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mengetahui persentase tingkat kekerabatan antara bahasa Batak Toba di Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara dan Bahasa Minangkabau di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, (2) menentukan lama waktu pisah antara bahasa Batak Toba di Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara dan Bahasa Minangkabau di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, dan (3) menjelaskan korespondensi bunyi antara bahasa Batak Toba di Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara dan Bahasa Minangkabau di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan korespondensi bunyi dari kedua bahasa yang diteliti dan metode kuantitatif dalam bidang Linguistik Historis Komparatif untuk menentukan lama waktu pisaha antara kedua bahasa yang diteliti. Objek kajian penelitian ini adalah bahasa Batak Toba di Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara dan Bahasa Minangkabau di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar kosakata Morris Swadesh dan daftar kosakata budaya dari kedua bahasa. Berdasarkan data penelitian dan perhitungan lama waktu pisah, ditemukan kosakata yang berkaitan anatara bahasa Batak Toba di Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara dan Bahasa Minangkabau di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang Provinsi Sumatera Barat sebanyak 100 kosakata berkerabat (kognat) dan 400 kosakata tidak berkerabat (tidak kognat). Oleh karena itu, jumlah persentase kekerabatan antara kedua bahasa yakni sebesar 18%. Selanjutnya perhitungan fonologis menunjukan bahwa pemisahan kedua bahasa tersebut adalah 1928 SM terhitung sejak tahun 2023. Berdasarkan lima ratus kosakata yang ditemukan, terdapat kesamaan bentuk sejumlah 45 kosakata, serta korespondensi bunyi yang terdiri atas 44 kosakata penggantian bunyi/fonem, 1 kosakata pengurangan bunyi/fonem, dan 10 kosakata penambahan bunyi/fonem. Demikian disimpulkan bahwa bahasa Batak Toba di Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara dan Bahasa Minangkabau di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang Provinsi Sumatera Barat adalah dua bahasa yang berkerabat dan masuk ke dalam bahasa satu turunan Melayu Polinesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAgustina, AgustinaUNSPECIFIED
CorrectorErmanto, ErmantoUNSPECIFIED
CorrectorManaf, Ngusman AbdulUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:49
Last Modified: 22 Jan 2024 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49824

Actions (login required)

View Item View Item