Efektivitas Media Boneka Manekin Untuk Kemampuan Memasang Kancing Baju Bagi Anak Cerebral Palsy di Yayasan Rumah Gadang.

Rahman, Atifahtul (2023) Efektivitas Media Boneka Manekin Untuk Kemampuan Memasang Kancing Baju Bagi Anak Cerebral Palsy di Yayasan Rumah Gadang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ATIFAHTUL_RAHMAN_19003124_5886_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang penelti temukan bahwa anak cerebral palsy belum mampu memasang kancing baju dengan benar terutama memasukkan kancing ke lubangnya kecil. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memasang kancing baju dengan menggunakan media boneka manekin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantiatif dengan bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-BA. Data dianlisis dengan analisis visual grafik. Teknik dalam pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data. Subjek penelitian ini dilakukan oleh satu orang anak dengan L berjenis kelamin perempuan berumur 8 tahun. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi baseline (Al) yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dan menunjukkan hasil persentase stabil 48%, pada kondisi intervensi (B) yang dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan dengan menunjukkan hasil persentase stabil 83% dan pada kondisi baseline (A2) yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan menunjukkan hasil persentase stabil 86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media boneka mankin dapat meningkatkan kemampuan memasang kancing baju pada anak cerebral palsy sehingga dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Boneka Manekin Memasang Kancing Baju Cerebral Palsy
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:04
Last Modified: 22 Jan 2024 02:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49821

Actions (login required)

View Item View Item