Peningkatan Kemampuan Penjumlahan Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VC di SLB N Merlung Jambi.

Sembiring, Anita BR. (2023) Peningkatan Kemampuan Penjumlahan Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VC di SLB N Merlung Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ANITA_Br._SEMBIRING_21003259_7858_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB N Merlung Jambi pada siswa tunagrahita ringan kelas V. Terdapat satu orang siswa mengalami masalah dalam penjumlahan. Selama ini guru menggunakan metode demonstrasi, ceramah dan tanya jawab dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan dengan penugasan secara individual. Siswa mengalami dalam penjumlahan deret kebawah. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumlahan bilangan melalui model pembelajaran Project Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka dan setiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Siklus yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran penjumlahan untuk anak tunagrahita dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. 2) kemampuan penjumlahan bagi anak tunagrahita ringan kelas V meningkat menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Hal ini dapat dilihat dari data sebelum tindakan kemampuan anak dalam 15 indikator penjumlahan yakni: OP adalah 35% Sedangkan pada akhir siklus I kemampuan OP meningkat (60%) Pada siklus II kemampuan OP meningkat (85%) Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tunagrahita ringan penjumlahan model Project Based Learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:04
Last Modified: 22 Jan 2024 02:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49819

Actions (login required)

View Item View Item