Pengaruh Teknik Task Analysis terhadap Peningkatan Kemampuan Mengobati Luka pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas X di SLB N 1 Padang (Single Subject Research).

Siregar, Anisa Dian Novita (2023) Pengaruh Teknik Task Analysis terhadap Peningkatan Kemampuan Mengobati Luka pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas X di SLB N 1 Padang (Single Subject Research). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ANISA_DIAN_NOVITA_SIREGAR_18003084_6591_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang ditemukan peneliti ketika melakukan studi pendahuluan di SLB N 1 Padang. Seorang siswa tunagrahita ringan yang duduk di kelas X masih belum memiliki kemampuan mengobati Iuka lecet yang bener. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengobati Iuka lecet pada anak tunagrahita ringan melalui teknik task analysis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis visual grafik. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan instrument tindakan. Dengan subjek penelitian adalah anak tunagrahita ringan kelas X di SLB N 1 Padang. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menunjukkkan bahwa teknik task analysis dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan mengobati Iuka lecet pada anak tunagrahita ringan. Hal ini dapat dibuktikan dengan skor persentase yang diperoleh pada kondisi baseline (Al) diperoleh skor persentase sebesar 16%-21%. Pada kondisi pemberian intervensi skor persentase meningkat yaitu sebesar 74%- 92%. Untuk kondisi baseline (A2) skor perolehan persentase sebesar 92%-95%, yang dimana ini menunjukkan bahwa anak sudah mampu mengobati Iuka lecet dengan langkah-langkah yang benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
CorrectorEfrina, ElsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: tunagrahita ringan teknik task analysis Iuka lecet
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:04
Last Modified: 22 Jan 2024 02:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49818

Actions (login required)

View Item View Item