Pengaruh Kepemimpinan Atasan Langsung terhadap Motivasi Berprestasi Pegawai di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Rangga, Rangga (2023) Pengaruh Kepemimpinan Atasan Langsung terhadap Motivasi Berprestasi Pegawai di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RANGGA_19002028_5121_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi berprestasi pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) motivasi berprestasi, 2) kepemimpinan atasan langsung, 3) pengaruh kepemimpinan atasan langsung terhadap motivasi berprestasi pegawai. Pertanyaan penelitian ini adalah 1) bagaimana gambaran motivasi berprestasi pegawai di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, 2) bagaimana kepemimpinan atasan langsung di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan 3) apakah terdapat pengaruh kepemimpinan atasan langsung terhadap motivasi berprestasi pegawai di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Populasi berjumlah 155 orang dengan teknik proportionate stratified random sampling untuk pengambilan sampel dengan jumlah 70 orang. Instrumen penelitian adalah angket model Skala Likert yang memiliki 5 altematif jawaban yaitu Selalu (SL), Sering (SR), Kadang­ Kadang (KD), Jarang (JR) dan Tidak Pemah (TP). Angket telah di uji coba dengan validitas 0,444 dan reliabilitas variebel X=0,987, variabel Y=0,948. 69 item dinyatakan valid, 2 item dinyatakan tidak valid, yaitu pada nomor 13 dan 38. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat memiliki motivasi berprestasi yang tinggi dengan tingkat capaian responden sebesar 89,8 persen dan kepemimpinan atasan langsung di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat sudah terlaksana dengan baik dengan tingkat capaian responden 81,8 persen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai r hitung diperoleh sebesar 0,477 lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% maka disimpulkan terdapat hubungan positif antara kepemimpinan atasan langsung terhadap motivasi berprestasi pegawai di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Selanjutnya setelah diuji regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y= 151,235 + 0,291X dengan koefisien determinasi 0,227. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yang berbunyi bahwa terdapat pengaruh kepemimpinan atasan langsung terhadap motivasi berprestasi pegawai di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat sebesar 22, 7 persen, sedangkan 77,3 persen dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulastri, SulastriUNSPECIFIED
CorrectorAnisah, AnisahUNSPECIFIED
CorrectorJasrial, JasrialUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Berprestasi Pegawai Kepemimpinan Atasan Langsung
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:03
Last Modified: 22 Jan 2024 02:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49815

Actions (login required)

View Item View Item