Zhelita, Bunga Putri
(2023)
Efektivitas Media Puzzle Terhadap Penguasaan Hiragana Siswa SMA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Mempelajari hiragana bukanlah suatu hal yang mudah, karena dari segi huruf, hiragana memiliki bentuk huruf yang berbeda dan jumlahnya yang banyak, maka karena hal itulah yang membuat para pembelajar bahasa Jepang merasa kesulitan. Kesulitan yang dirasakannya yaitu, seperti kesulitan dalam membedakan ataupun mengingat hurufnya. Berdasarkan pengamatan peneliti saat melakukan Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) periode Juli-Desember 2022 di SMAN 13 Padang dan wawancara yang dilakukan bersama guru dan siswa disekolah tersebut ditemukan memang siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari hiragana yang disebabkan karena memiliki jumlah huruf yang banyak dan bentuk hurufnya yang mirip, sehingga menyebabkan kurangnya penguasaan dan minat siswa dalam mempelajari hiragana. Oleh karena itu, untuk menangani permasalahan tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang lebih menarik dan efektif untuk membantu atau mempermudah siswa dalam meningkatkan penguasaanya saat mempelajari hiragana. Penggunaan media puzzle bisa membantu atau mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat keefektifan media puzzle terhadap penguasaan hiragana siswa kelas XII SMAN 13 Padang. Penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Data diperoleh dengan memakai teknik purposive sampling yaitu kelas XII IPS 3 yang berjumlah 32 orang. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa
Actions (login required)
|
View Item |