Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Augmented Reality pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika

Rozi, Fakhrur (2023) Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Augmented Reality pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_FAKHRUR_ROZI_19065058_9434_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran penting dalam belajar untuk mengatasi kesulitan dalam memahami materi abstrak, teoritis, dan umum. Contoh media pembelajaran yang dirancang untuk mata pelajaran Dasar Elektronika yaitu media pembelajaran interaktif berbasis teknologi Augmented Reality. Tujuan dari perancangan media pembelajaran yaitu membantu guru menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa serta memfasilitasi pemahaman materi Dasar Elektronika. Dalam perancangan media belajar ini, digunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan tahapan Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil penelitian dan perancangan media pembelajaran ini adalah aplikasi android sebagai media interaktif yang membantu proses pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality. Aplikasi ini mendapatkan penilaian kelayakan tinggi dari Ahli Media sebesar 93,6% dengan kategori "Sangat Layak," dan dari Ahli Materi dengan persentase 97% dengan kategori "Sangat Layak". Berdasarkan hasil perancangan dan validasi oleh Ahli Media dan Ahli Materi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis teknologi Augmented Reality ini sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewi, Ika ParmaUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, HendraUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:20
Last Modified: 19 Jan 2024 08:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49806

Actions (login required)

View Item View Item