Pembuatan Media Pembelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Menggunakan Aplikasi Assemblr EDU di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan

Putri, Sonia Melanda (2023) Pembuatan Media Pembelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Menggunakan Aplikasi Assemblr EDU di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SONIA_MELANDA_PUTRI_19061073_9479_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dijumpai yaitu belum digunakannya media pembelajaran dalam proses pembelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Penelitian 1n1 menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) atau Research and Development. Model pengembangan ini mengacu pada model pengembangan (DDD-E) dengan 4 tahapan yakni Decide, Design, Develop, Evaluate. Subjek penelitian ini peserta didik Kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan lnformasi Bangunan SMK Negeri 1 Kato XI Tarusan sebanyak 29 orang siswa. lnstrumen penelitian ini berupa lembar validasi untuk mendapatkan data validasi produk, dan angket respon peserta didik untuk mendapatkan praktikalitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas materi berada dalam kategori sangat valid dengan tingkat pencapaian 84%. Validitas media dengan tingkat pencapaian 93% berada dalam kategori sangat valid, sedangkan uji praktikalitas dengan tingkat pencapaian 89% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan pada penelitian ini adalah media pembelajaran yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Kelas XII Kompetensi Desain Pemodelan dan lnformasi Bangunan SMK Negeri 1 Kato XI Tarusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusmareta, YuwalitasUNSPECIFIED
CorrectorYustisia, HennyUNSPECIFIED
CorrectorYandra, MuviUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:20
Last Modified: 19 Jan 2024 08:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49804

Actions (login required)

View Item View Item