Fondasi Konstruksi Sarang Laba-Laba (KSLL) Sebagai Alternatif Perencanaan Struktur Bawah Gedung X di Air Tawar Kota Padang

Putra, Fabil Daka (2023) Fondasi Konstruksi Sarang Laba-Laba (KSLL) Sebagai Alternatif Perencanaan Struktur Bawah Gedung X di Air Tawar Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FABIL_DAKA_PUTRA_19323028_9688_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pemilihan jenis fondasi sangat penting dilakukan karena tidak semua jenis fondasi cocok untuk setiap jenis bangunan. Perencanaan fondasi harus direncanakan secara matang karena jika terjadi tekanan pada tanah secara berlebihan maka dapat menyebabkan penurunan yang besar bahkan terjadi keruntuhan pada bangunan. Perencanaan pembangunan Gedung X telah dilakukan pada tahun 2022, akan tetapi waktu pelaksanaan konstruksi belum ditentukan. Kondisi tanah pada lokasi pembangunan berdasarkan data tanah yaitu tanah berpasir. Dalam hasil perencanaan untuk struktur bawah menggunakan fondasi tiang pancang. Berdasarkan pengalaman yang terjadi, pada pembangunan gedung di lingkungan Air Tawar Kota Padang yang menggunakan fondasi dalam, terdapat beberapa kekurangan. Penelitian ini membahas tentang perencanaan fondasi KSLL sebagai alternatif dalam perencanaan struktur bawah gedung X. Metode perhitungan yang digunakan yaitu asumsi KSLL sebagai fondasi dangkal jenis rakit dengan metode daya dukung Meyerhof. Hasil kapasitas daya dukung fondasi sebesar 1086,58 kN/m2, dan tegangan tanah maksimum sebesar 42,02 kN/m2. Dimensi rib konstruksi dengan tebal 15cm, kedalaman 125 cm, didapatkan tebal ekivalen sebesar 87,5 cm, dan tulangan yang digunakan yaitu 2022. Sedangkan dimensi rib settlement dengan tebal 15cm, kedalaman 150 cm, didapatkan tebal ekivalen sebesar 105 cm, dan tulangan yang digunakan yaitu 2022. Penurunan fondasi yang terjadi sebesar 1,2 cm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusmar, FajriUNSPECIFIED
CorrectorGiatman, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorApdeni, RismaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:00
Last Modified: 19 Jan 2024 08:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49803

Actions (login required)

View Item View Item