Pengaruh Perbandingan Komposisi TiO2 dan ZnO Terhadap Aktifitas Fotokatalitik, Absorpsi, dan Reflektansi Physical Sunscreen

Syalsabilla, Maritza (2023) Pengaruh Perbandingan Komposisi TiO2 dan ZnO Terhadap Aktifitas Fotokatalitik, Absorpsi, dan Reflektansi Physical Sunscreen. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_6_MARITZA_SYALSABILLA_19034019_7333_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ZnO dan TiO2 adalah bahan material yang diminati dan di gunakan sebagai bahan aktif dari produk tabir surya yang bersifat physical sunscreen. Penggabungan bahan material ini lebih efektif bekerja dalam memblocking sinar Uv di rentang panjang gelombang yang luas dibandingkan dengan satu bahan material saja. Manfaat dari penggunaan kedua bahan ini sebagai bahan aktif physical suncreen adalah memiliki perlindungan yang luas dalam menyerap dan memantulkan sinar Uv. Permukaan kulit akan terproteksi secara maksimal dari penyakit berbahaya yang dihasilkan oleh sinar Uv jika menggunakan krim physical sunscreen. Penggunaan bahan aktif physical sunscreen tidak menimbulkan alergi dan aman bagi kulit sensitif hingga berjerawat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perbandingan komposisi ZnO dan TiO2 terhadap aktivitas fotokatalitik, Absorpsi, dan Reflektansi Physical sunscreen Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen laboratorium dengan perbandingan komposisi yang digunakan sebanyak 3 variasi komposisi ZnO:TiO2 yaitu variasi 1 (3,5% : 1,5%), variasi 2 (2,5% : 2,5%) dan variasi 3 (1,5% : 3,5%). Pengujian variasi sampel ini menggunakan alat karakterisasi spektrofotometer Uv-Vis dengan 2 jenis sampel berbeda yaitu Uv-Vis Difusi Reflektansi Spektrofotometer (SPECORD 210 Plus) berupa sampel padatan untuk menguji sifat fisik krim sunscreen dan Spektrofotometer Uv-Vis (PG-T70) berupa sampel larutan untuk menguji aktivitas fotokatalitik pada metilen blue. Hasil penelitian dari pengaruh perbandingan komposisi TiO2 dan ZnO berpengaruh terhadap aktivitas fotokatalitik, absorpsi dan reflektansi physical sunscreen. Pemberian komposisi ZnO lebih besar dari TiO2 berpengaruh pada penyerapan Uv yang menghasilkan absorpsi tertinggi dan memiliki spektrum luas dengan penyerapan di atas 90%. Untuk reflektansi physical sunscreen pada cahaya Uv dan cahaya tampak berpengaruh pada pemberian komposisi TiO2 yang lebih besar dari ZnO yang menghasilkan reflektansi tertinggi pada cahaya tampak dan semakin rendah pada cahaya Uv. Pada Pemberian komposisi ZnO yang lebih besar dari TiO2 menghasilkan %degradasi tinggi dan dapat dibuktikan bahwa ZnO lebih fotoreaktif dibandingkan TiO2. Semakin banyak pemberian ZnO dibandingkan TiO2 maka semakin tinggi %degradasi dalam menghasilkan radikal bebas atau ROS, sehingga ini sangat dihindari pada produk krim physical sunscreen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJonuarti, RiriUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, RahmatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FOTOKATALITIK, ABSORPSI, DAN REFLEKTANSI PHYSICAL SUNSCREEN
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:24
Last Modified: 19 Jan 2024 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49795

Actions (login required)

View Item View Item