Pengaruh Online Customer Review Terhadap Minat Beli Skin Care pada Media Sosial Tiktok Mahasiswi Program Studi Pendidikan TRK FPP UNP

Roma, Vegi (2023) Pengaruh Online Customer Review Terhadap Minat Beli Skin Care pada Media Sosial Tiktok Mahasiswi Program Studi Pendidikan TRK FPP UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_VEGI_ROMA_19078030_6179_2023 ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena-fenomena perkembangan internet yang mendorong setiap perusahaan untuk melakukan pemasaran produk secara online dengan menggunakan media sosial salah satunya produk skin care, yang sedang booming pada saat ini yaitu media sosial tiktok yang menyediakan fitur online customer review dimana fitur ini tidak hanya terdapat review positif namun ada juga review negatif mengenai produk skin care, adanya hal ini dapat merubah minat beli skin care pada mahasiswi. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis online customer review produk skin care pada media sosial tiktok, 2) untuk menganalisis minat beli skin care mahasiswi pada media sosial tiktok, 3) untuk menganalisis pengaruh online customer review terhadap minat beli skin care pada media sosial tiktok Mahasiswi Program Studi Pendidikan TRK FPP UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswi Program Studi Pendidikan TRK angkatan 2019 dan 2020 yang berjumlah 199 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling berjumlah 67 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dibuat melalui google form dan diukur menggunakan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu mentabulasi data dan deskripsi data. Uji persyaratan analisis yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji t untuk pengujian hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Online customer review produk skin care pada media sosial tiktok menunjukkan secara keseluruhan dengan peresentase 57,91% berada pada rentang nilai 55-64% dengan kategori masih rendah dalam mempengaruhi minat beli. 2) Minat beli skin care mahasiswi pada media sosial tiktok menunjukkan secara keseluruhan dengan persentase 85,14% berada pada rentang nilai 80-89% dengan kategori tinggi. 3) Terdapat pengaruh online customer review terhadap minat beli skin care pada media sosial tiktok Mahasiswi Program Studi Pendidikan TRK FPP UNP diperoleh thitung sebesar 4,729 > ttabel 1,667 dan diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05. Variabel online customer review memiliki pengaruh secara parsial sebesar 0,256 atau 25,6% terhadap minat beli skin care sedangkan 74,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Disaran kepada mahasiswi dapat menjadikan online customer review sebagai bahan informasi dan evaluasi produk skin care sebelum memutuskan pembelian produk secara online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHayatunnufus, HayatunnufusUNSPECIFIED
CorrectorYunita, MeritaUNSPECIFIED
CorrectorMentari, Tyas Asih SuryaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:44
Last Modified: 19 Jan 2024 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49792

Actions (login required)

View Item View Item