Roma, Vegi
(2023)
Pengaruh Online Customer Review Terhadap Minat Beli Skin Care pada Media Sosial Tiktok Mahasiswi Program Studi Pendidikan TRK FPP UNP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena-fenomena
perkembangan internet yang mendorong setiap perusahaan untuk melakukan
pemasaran produk secara online dengan menggunakan media sosial salah satunya
produk skin care, yang sedang booming pada saat ini yaitu media sosial tiktok
yang menyediakan fitur online customer review dimana fitur ini tidak hanya
terdapat review positif namun ada juga review negatif mengenai produk skin care,
adanya hal ini dapat merubah minat beli skin care pada mahasiswi. Tujuan
penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis online customer review produk skin
care pada media sosial tiktok, 2) untuk menganalisis minat beli skin care
mahasiswi pada media sosial tiktok, 3) untuk menganalisis pengaruh online
customer review terhadap minat beli skin care pada media sosial tiktok Mahasiswi
Program Studi Pendidikan TRK FPP UNP.
Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan
metode kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswi Program Studi
Pendidikan TRK angkatan 2019 dan 2020 yang berjumlah 199 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling berjumlah 67
responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dibuat melalui
google form dan diukur menggunakan skala likert yang telah teruji validitas dan
reliabilitasnya. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu mentabulasi data dan
deskripsi data. Uji persyaratan analisis yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji
homogenitas, uji linearitas dan uji t untuk pengujian hipotesis penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Online customer review
produk skin care pada media sosial tiktok menunjukkan secara keseluruhan
dengan peresentase 57,91% berada pada rentang nilai 55-64% dengan kategori
masih rendah dalam mempengaruhi minat beli. 2) Minat beli skin care mahasiswi
pada media sosial tiktok menunjukkan secara keseluruhan dengan persentase
85,14% berada pada rentang nilai 80-89% dengan kategori tinggi. 3) Terdapat
pengaruh online customer review terhadap minat beli skin care pada media sosial
tiktok Mahasiswi Program Studi Pendidikan TRK FPP UNP diperoleh thitung
sebesar 4,729 > ttabel 1,667 dan diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05. Variabel
online customer review memiliki pengaruh secara parsial sebesar 0,256 atau
25,6% terhadap minat beli skin care sedangkan 74,4% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Disaran kepada mahasiswi dapat
menjadikan online customer review sebagai bahan informasi dan evaluasi produk
skin care sebelum memutuskan pembelian produk secara online.
Actions (login required)
|
View Item |