Pengembangan Local Instructional Theory Topik Aritmetika Sosial Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP

Sari, Dewi Ratna (2023) Pengembangan Local Instructional Theory Topik Aritmetika Sosial Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_DEWI_RATNA_SARI_21205004_3346_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil analisis pendahuluan, menunjukkan bahwa terdapat masalah dalam pembelajaran Aritmetika Sosial kelas VII SMP/MTs.Pembelajaran di kelas masih dominan berfokus kepada pendidik. Hal ini disebabkan oleh adanya pandemic covid 19 pada dua tahun belakangan sehingga pendidik harus mengulang materi dasar matematika waktu Sekolah Dasar (SD) yang berdampak pada topik aritmetika sosial. Selain itu, banyaknya penggunaan rumus dan tidak terlibatnya peserta didik dalam penemuan konsep matematika menyebabkan rendahnya kemampuan matematis peserta didik terutama kemampuan pemecahan masalah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu mengembangkan Local Instructional Theory berbasis Realistic Mathematics Educationtopik aritmetika sosial yang diimplementasikan pada buku guru dan buku siswa yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggabungkan model Plomp dengan Gravemeijer dan Cobb. Tahapan penelitian pengembangan dalam penelitian ini yaitu fase analisis pendahuluan, fase pengembangan dan fase penilaian. Pada fase analisis pendahuluan dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, analisis karakteristik peserta didik dan review literatur. Pada fase pengembangan dirancang HLT yang diimplementasikan dalam buku guru dan buku Siswa berbasis RME, kemudian diujicobakan secara one to one evaluation, small group evaluation dan field test kepada peserta didik kelas VII SMP Negeri 9 Padang. Dampak alur belajar ini terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dilihat pada fase penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alur belajar topik aritmetika sosial dengan pendekatan RME melalui buku guru dan buku siswa sudah valid, praktis dan efektif.Dikatakan valid karena alur belajar yang dikembangkan sesuai dengan prinsip pengetahuan ilmiah dan logis dilihat dari aspek didaktik (penyajian), materi (isi), kebahasaan dan kegrafikaan (tampilan). Praktis karena alur belajar dapat digunakan sesuai dengan pengaturan yang telah dirancang dan dikembangkan dilihat dari aspek kemudahan penggunaan, kesesuaian alokasi waktu, daya tarik dan kebermanfaatan. Selanjutnya dikatakan efektif karena memberikan dampak terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada topik aritmetika sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN LIT, ARITMETIKA SOSIAL, REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:20
Last Modified: 19 Jan 2024 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49785

Actions (login required)

View Item View Item