Penggunaan Opac Berbasis Inlis Lite Berdasarkan Recall and Precision pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman Barat

Meutia, Fiola (2023) Penggunaan Opac Berbasis Inlis Lite Berdasarkan Recall and Precision pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_FIOLA_MEUTIA_16234012_7758_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan tingkat keefektifan penggunaan OPAC berbasis INLIS Lite jika dilihat berdasarkan recall dan precision di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman Barat. (2) mendeskripsikan sistem temu kembali informasi OPAC di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman Barat yang efektif sebagai sistem temu kembali informasi. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif melalui dokumentasi dengan menganalisis langsung daftar pustaka dari skripsi. Populasi nilai sampel sebesar 100 subjek sampel diambil secara acak dari Dinas kearsipan dan perpustakaan Kabupaten Pasaman Barat Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal sebagai berikut ; Pertama: dari hasil penelusuran 100 query subyek pada OPAC Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pasaman Barat, diperoleh nilai recall sebesar 0,87 dan nilai precision sebesar 0,70. Perolehan nilai tersebut termasuk pada penilaian kategori tinggi. Kategori tersebut berdasarkan interpretasi presisi yang dibagi menjadi 3 kategori, yaitu kategori rendah (0,00 – 0,33), kategori sedang (0,34 – 0,66) dan kategori tinggi (0,67 – 1,00). Kedua: suatu sistem temu kembali informasi dinyatakan efektif apabila hasil penelusuran mampu menunjukkan ketepatan (precision) yang tinggi sekalipun perolehannya (recall) rendah. Maka, OPAC Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pasaman Baratmerupakan sistem temu kembali informasi yang cukup efektif untuk digunakan sebagai alat pencarian informasi. Hal itu dapat diketahui dari nilai precision yang masuk pada kategori tinggi. Karena penilaian efektivitas OPAC dilihat dari tingkat presisi sistem temu kembali informasi itu sendiri. Meskipun nilai recall yang diperoleh tinggi (0,87), namun nilai precision yang diperoleh masih lebih rendah (0,70). Nilai recall yang tinggi tidak selalu berbanding lurus dengan nilai precision sistem temu kembali informasi. Karena dokumen terpanggil tidak selalu relevan dengan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
CorrectorNurrizati, NurrizatiUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:20
Last Modified: 19 Jan 2024 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49783

Actions (login required)

View Item View Item