Analisis Risiko Bahaya dan Upaya Pencegahan Kecelakaan pada Proses Loading, Hauling, dan Dumping di PT. Kuansing Inti Makmur Provinsi Jambi

Gusniati, Milda (2023) Analisis Risiko Bahaya dan Upaya Pencegahan Kecelakaan pada Proses Loading, Hauling, dan Dumping di PT. Kuansing Inti Makmur Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_12_MILDA_GUSNIATI_20080025_7250_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PT. Kuansing Inti Makmur, yang berlokasi di Kecamatan Jujuhan Kabupaten Muara Bungo Provinsi Jambi, merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara. Dimana aktivitas tersebut memiliki potensi bahaya yang besar dan berisiko tinggi jika tidak memperhatikan aturan-aturan keselamatan yang sudah ditetapkan. Penyebab terjadinya kecelakaan kerja dibagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor kondisi yang tidak aman (35%) dan faktor tindakan manusia yang tidak aman (65%). Latar belakang terjadinya kecelakaan kerja yang disebabkan oleh faktor manusia disebabkan oleh kelalaian pekerja yang bekerja tidak sesuai dengan standard operational procedur (SOP) dan kurang memahami mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Potensi bahaya yang ada pada kegiatan loading meliputi muatan overload, gangguan pernapasan, gangguan pendengaran dan menabrak / tertabrak unit lain, pada kegiatan hauling antara lain menabrak/tertabrak, unit terperosok, terpapar debu, tangan terjepit, dan terkena lentingan debu yang berserakan, sedangkan pada kegiatan terjatuh karena tanggul tidak aman, unit rebah/terperosok, dan tertimbun material dumping. Upaya pencegahan yang telah dilakukan adalah dengan melaksanakan kegiatan P5M, Safety Talk, Pelayanan Kesehatan, Penyiraman jalan, Safety Patrol, dan Safety Induction.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaiyudi, RikoUNSPECIFIED
CorrectorFadhilah, FadhilahUNSPECIFIED
CorrectorBurhamidar, Aulia HidayatUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:19
Last Modified: 19 Jan 2024 08:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49781

Actions (login required)

View Item View Item