Peran Pemerintah Nagari dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Nagari Saok Laweh

Sari, Nike Permata (2023) Peran Pemerintah Nagari dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Nagari Saok Laweh. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B.1_07_NIKE_PERMATA_SARI_20233065_9135_2023.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Pemerintah Nagari Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Nagari Saok Laweh. Penelitian ini dilakukan di Kantor Wali Nagari Saok Laweh yang beralamat di jalan Saok Laweh, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, 27361. Penelitian ini berbentuk deskriptif, yaitu menggambarkan dan mengalisis data berdasarkan fakta-fakta dan informasi yang ada. Data yang dikumpulkan melalui wawancara dan juga diperoleh dari sumber-sumber yang telah ada pada Kantor Wali Nagari Saok Laweh. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa potensi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Nagari Saok Laweh cukup besar, tetapi realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan dari tahun 2018-2022 tidak mencapai target yang telah ditetapkan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti : kurangnya kesadaran dan pengetahuan dalam membayar PBB P2, terdapat data SPPT berbeda, tingginya rasa malas masyarakat. Peran yang dilakukan oleh Pemerintah Nagari yaitu selalu mengingatkan kepada masyarakat mengenai pembayaran PBB dan mengaitkan kegiatan administrasi yang akan dilakukan di Nagari dengan melunasi pembayaran Pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMesta, Hendri AndiUNSPECIFIED
CorrectorThamrin, ThamrinUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan perkotaan (PBB-P2)
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen-D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:26
Last Modified: 19 Jan 2024 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49773

Actions (login required)

View Item View Item