Pengaruh Kepemimpinan Kewirausahaan terhadap Perilaku Inovatif yang Dimediasi oleh Organizational Citizens Behavior (OCB) (Studi UMKM Unit Pengolahan Ikan (UPI) Sumatera Barat)

Pandi, Muhammad Af (2023) Pengaruh Kepemimpinan Kewirausahaan terhadap Perilaku Inovatif yang Dimediasi oleh Organizational Citizens Behavior (OCB) (Studi UMKM Unit Pengolahan Ikan (UPI) Sumatera Barat). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B.1_07_MUHAMMAD_AF_PANDI_19059024_8324_2023.pdf

Download (853kB) | Preview

Abstract

ujuan- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh kepemimpinan kewirausahaan terhadap perilaku inovatif pada UMKM Unit Pengolahan Ikan di Sumatera Barat (2) pengaruh kepemimpinan kewirausahaan terhadap Organizational Citizens Behavior pada UMKM Unit Pengolahan Ikan di Sumatera Barat (3) pengaruh Organizational Citizens Behavior pada terhadap perilaku inovatif pada UMKM Unit Pengolahan Ikan di Sumatera Barat (4) pengaruh kepemimpinan kewirausahaan terhadap perilaku inovatif yang dimediasi oleh Organizational Citizens Behavior pada UMKM Unit Pengolahan Ikan di Sumatera Barat. Metodologi- Penelitian ini merupakan penelitian kausal. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 135 karyawan UMKM Unit Pengolahan Ikan di Sumatera Barat yang bergerak pada UMKM jenis olahan ikan. Teknik pengambilan sampel diambil menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah software SmartPLS 4. Hasil- Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku inovatif UMKM Unit Pengolahan Ikan di Sumatera Barat (2) kepemimpinan kewirausahaan berpengaruh signifikan positif terhadap Organizational Citizens Behavior UMKM Unit Pengolahan Ikan di Sumatera Barat (3) Organizational Citizens Behavior berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku inovatif UMKM Unit Pengolahan Ikan di Sumatera Barat (4) kepemimpinan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku inovatif UMKM Unit Pengolahan Ikan di Sumatera Barat melalui Organizational Citizens Behavior.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRino, RinoUNSPECIFIED
CorrectorTrinanda, OkkiUNSPECIFIED
CorrectorAndriani, ChichiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kewirausahaan, Perilaku Inovatif, Organizational Citizens Behavior (OCB)
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:26
Last Modified: 19 Jan 2024 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49772

Actions (login required)

View Item View Item