Analisis Efektivitas Percepatan Siklus Penambangan dengan Metode Double Blastingpada Tambang Bawah Tanah Kencana, PT Nusa Halmahera Minerals

Viedyatha, Rayhan (2023) Analisis Efektivitas Percepatan Siklus Penambangan dengan Metode Double Blastingpada Tambang Bawah Tanah Kencana, PT Nusa Halmahera Minerals. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_RAYHAN_VIEDYATHA_19137029_7115_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tambang Emas Bawah Tanah Kencana PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) adalah tambang yang beroperasi dengan metode penambangan cut and fill. Siklus penambangan yang dilakukan di tambang bawah tanah Kencana diselesaikan dalam waktu 1 x 24 jam untuk heading dengan RMR tipe 3 (fair). Metode double blastingadalah metode yang dilakukan PT NHM untuk mempercepat siklus penambangan dari 1 x 24 jam menjadi 1 x 12 jam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode double blasting dari segi kemajuan tambang dan durasi kegiatan. Waktu standar durasi kegiatan untuk siklus penambagan 1 x 12 jam dirumuskan dengan metode PERT berdasarkan 91 data historis penambangan. Metode PERT dapat merumuskan durasi kegiatan dengan mempertimbangkan ketidakpastian dari durasi kegiatan dengan metode tiga estimasi waktu. Hasil evaluasi menyatakan bahwa kemajuan tambang dengan metode double blasting lebih tinggi hingga 5% dari metode konvensional, sehingga metode ini dapat meningkatkan kemajuan tambang hingga 110% lebih panjang dari metode konvensional apabila dilakukan 2 kali dalam 24 jam. Durasi kegiatan yang dirumuskan dengan metode PERT menghasilkan durasi kegiatan selama 9,38 jam, dengan probabilitas penyelesaian sebelum target pekerjaan sebesar 93%. Utilisiasi waktu kegiatan terdiri dari 55,3% waktu kerja, 23% waktu menunggu, dan 22% waktu Buffer. nilai yang didapatkan lebih baik apabila dibandingkan dengan utilisasi waktu metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusman, MulyaUNSPECIFIED
CorrectorYulhendra, DediUNSPECIFIED
CorrectorMaiyudi, RikoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:23
Last Modified: 19 Jan 2024 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49764

Actions (login required)

View Item View Item