Pengaruh Tax Knowledge, Tax Socialization dan Business Income Terhadap Tax Compliance pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Padang

Marsilla, Tia (2023) Pengaruh Tax Knowledge, Tax Socialization dan Business Income Terhadap Tax Compliance pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B.1_06_TIA_MARSILA_19043028_7813_2023.pdf

Download (949kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar penerimaan pajak Indonesia berasal dari pajak penghasilan. UMKM merupakan sumber perekonomian Indonesia dan menjadi basis peningkatan penerimaan pajak pemerintah. Secara keseluruhan, rasio kepatuhan formal wajib pajak sebesar 67,18 persen, namun rasio kepatuhan formal wajib pajak belum mencapai target sebesar 80%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tax knowledge, tax socialization dan business income terhadap tax compliance. Fokus penelitian ini adalah UMKM Kota Padang yang dipilih karena berdasarkan daerah/kota lain di Sumatera Barat UMKM yang banyak ada di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan random sampling didapat sebanyak 400 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tax knowledge, tax socialization dan business income berpengaruh signifikan positif terhadap tax compliance pada UMKM di Kota Padang. Kajian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah untuk lebih mengedukasi masyarakat tentang perpajakan, sehingga masyarakat juga dapat mengetahui tentang perpajakan dan mematuhi peraturan perpajakan di Indonesia melalui sosialisasi perpajakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzihardani, EkaUNSPECIFIED
CorrectorAfriyenti, MayarUNSPECIFIED
CorrectorCheisviyanny, CharolineUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Business Income;Tax Compliance;Tax Knowledge;Tax Socialization
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:24
Last Modified: 19 Jan 2024 07:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49763

Actions (login required)

View Item View Item