Analisis Kestabilan Lubang Bukaan Berdasarkan Q-Systempada Tail gate BT-03 Penambangan Bawah Tanah PT. Cahaya Bumi Perdana Sawahlunto”.

Harli, Dinda Apriko (2023) Analisis Kestabilan Lubang Bukaan Berdasarkan Q-Systempada Tail gate BT-03 Penambangan Bawah Tanah PT. Cahaya Bumi Perdana Sawahlunto”. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_DINDA_APRIKO_HARLI_16137036_7909_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Metode penambangan yang seluruh kegiatannya dilakukan dibawah permukaan bumi disebut tambang bawah tanah. Kegiatan penambangan bawah tanah dapat mengakibatkan terjadinya runtuhan. Salah satu cara untuk mencegah terjadi runtuhan yaitu dengan melakukan analisis menggunakan metode Q-System. Parameter yang digunakan yaitu Rock Quality Designation, jumlah kekar, tingkat kekerasan kekar, derajat alterasi, aliran air, dan faktor reduksi tegangan.Menentukan nilai faktor keamanan dan juga nilai tegangan yang bekerja pada tunnel BT-03 menggunakan software Phase2. Hasil perhitunan yan didapat yaitu nilai Q-System untuk batubara 1.8 an batu pasir 1.6, Nilai FK adalah 0,9 yan berarti terowongan dalam kondisi tidak stabil sehingga perlunya dilakukan pemasangan penyangga. Nilai tegangan maksimum pada tunnel BT-03 adalah 2.00 dan nilai tegangan maksimumnya sebesar 3.50.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKopa, RaimonUNSPECIFIED
CorrectorAnaperta, Yoszi MingsiUNSPECIFIED
CorrectorRahman, Harizona AuliaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:21
Last Modified: 18 Jan 2024 08:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49761

Actions (login required)

View Item View Item