Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Model Problem Based Learning terhadap Kompetensi Pengetahuan dan Sikap Peserta Didik Fase E SMA Negeri 7 Padang

Susanti, Lifiya (2023) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Model Problem Based Learning terhadap Kompetensi Pengetahuan dan Sikap Peserta Didik Fase E SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_LIFIYA_SUSANTI_19031026_7573_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas peserta didik dalam belajar sehingga berpengaruh terhadap kompetensi belajar peserta didik. Hal ini disebabkan karena pendekatan pembelajaran yang digunakan belum mampu mengakomodasi berbagai perbedaan kebutuhan belajar peserta didik di dalam kelas. SMA Negeri 7 Padang sudah menggunakan model problem based learning yang sesuai dengan kurikulum merdeka namun belum optimal dalam pengaplikasiannya sehingga berpengaruh pada kompetensi pengetahuan dan sikap peserta didik. Peserta didik membutuhkan pendekatan pembelajaran yang mampu memberikan keleluasaan bagi peserta didik untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar peserta didik yaitu melalui pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian tentang pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam model problem based learning terhadap kompetensi pengetahuan dan sikap peserta didik Fase E SMA Negeri 7 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian adalah peserta didik Fase E SMA Negeri 7 Padang tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X E 2 sebagai kelas kontrol dan X E 6 sebagai kelas eksperimen. Penentuan kelas sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kompetensi belajar yang diukur adalah kompetensi pengetahuan dan sikap. Instrumen kompetensi pengetahuan berupa soal dan instrumen kompetensi sikap berupa lembar observasi. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa kompetensi pengetahuan peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 82,74 sedangkan pada kelas kontrol 75,74. Hasil kompetensi sikap pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata 81,15 sedangkan pada kelas kontrol 76,47. Hasil uji hipotesis penelitian dilihat dari nilai signifikan 2-tailed < 0,05 yaitu 0,002 pada kompetensi pengetahuan dan 0,020 pada kompetensi sikap. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam model problem based learning terhadap kompetensi pengetahuan dan sikap peserta didik Fase E SMA Negeri 7 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorRahmawati, RahmawatiUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Additional Information: PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI, MODEL PROBLEM BASED LEARNING, KOMPETENSI BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:12
Last Modified: 18 Jan 2024 08:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49755

Actions (login required)

View Item View Item