Pengaruh Waktu Milling Seng Oksida (ZnO) Terhadap Aktivitas Fotokatalitik, Absorbansi, dan Reflektansi Pada Physical Susncreen

Septiana, Lia Rifka (2023) Pengaruh Waktu Milling Seng Oksida (ZnO) Terhadap Aktivitas Fotokatalitik, Absorbansi, dan Reflektansi Pada Physical Susncreen. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_6_LIA_RIFKA_SEPTIANA_19034116_6795_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang pengaruh waktu milling seng oksida (ZnO) terhadap aktivitas fotokatalitik, absorbansi, dan reflektansi pada physical sunscreen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh waktu milling seng oksida (ZnO) terhadap aktivitas fotokatalitik, absorbansi, dan reflektansi pada physical sunscreen sehingga di dapatkan variasi ukuran ZnO.Jenis penelitian ini adalah eksperimental, yang mana penelitian ini diawali dari mensisntesis ZnO dengan metoda milling untuk memvariasaikan ukurannya lalu dikarakterisasi dengan XRD, SEM. Setelah didapatkan beberapa variasi ukuran partikel diuji aktivitas fotokatalitik ZnO dan dibuat physical sunscreen untuk dikarakterisasi dengan spektrofotometeri UV-Vis.Hasil penelitian menunjukan pengaruh waktu milling seng oksida (ZnO) terhadap aktivitas fotokatalitik adalah dengan perbedaan ukuran ZnO dari proses milling di dapat semakin kecil ukuran partikel maka aktivitas yang dihasilkan semakin besar ini kurang aman karena menimbulkan radikal bebas ROS. Pada karakterisasi physical sunscreen didapat semakin kecil ukuran partikel absorbansi menurun menunjukan penyerapan UV semakin kecil, reflektansi dan transmitansi mengalami kenaikan panjang gelombang 370 nm–480 nm hamburan UV yang semakin besar pada ukuran partikel 81,1 nm lebih aman digunakan karena tidak menembus lapisan kulit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJonuarti, RiriUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorJhora, Fadhila UlfaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FOTO KATALITIK, ABSORBANSI, REFLEKTANSI
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:21
Last Modified: 18 Jan 2024 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49752

Actions (login required)

View Item View Item