Bentuk Penyajian Tari Lemea di Sanggar Dulang Mas Pada Acara Aliansi Masyarakat Adat Nusantara di Desa Lubuk Kembang Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu

Ramadhani, Auliannisa (2023) Bentuk Penyajian Tari Lemea di Sanggar Dulang Mas Pada Acara Aliansi Masyarakat Adat Nusantara di Desa Lubuk Kembang Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_AULIANNISA_RAMADHANI_19023123_6349_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bentuk Penyajian Tari Lemea di Sanggar Dulang Mas Pada Acara Aliansi Mayarakat Adat Nusantara di Desa Lubuk Kembang Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Instrumen kunci penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan peralatan pengumpul data seperti alat tulis, pedoman wawancara, kamera foto dan kamera video. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk Penyajian Tari Lemea di Sanggar Dulang Mas Pada Acara Aliansi Mayarakat Adat Nusantara di Desa Lubuk Kembang Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong merupakan salah satu tarian kreasi yang berfungsi sebagai media hiburan sekaligus untuk memperkenalkan kepada masyarakat dan peserta AMAN mengenai makanan khas daerah Kabupaten Rejang Lebong yaitu Lemea melalui gerakan tari. Elemen- elemen yang terkandung dalam bentuk penyajian Tari Lemea ini terdiri dari 5 ragam gerak tari, 22 urutan gerak penampilan, 6 orang penari wanita, musik pengiring (Accordion, Gong, Tamtam, Redap, Kulintang, Tamborin, Toktok dan Simbal), tata busana menggunakan (kemben, baju luaran dan ikat pinggang kain), tata rias menggunakan rias cantik, aksesoris kepala (sanggul, bungan ore, bunga cempako dan selendang kuning), aksesoris lainnya (gelang, anting dan kalung koin), properti (Sauk, Kerontong, Taleng Cakik, Dapar, Pisau dan Gerigik), dan tempat pertunjukan pada Tari Lemea ini ditampilkan di lapangan terbuka tepatnya di depan panggung utama dan beralaskan karpet merah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansyur, HerlindaUNSPECIFIED
CorrectorDarmawati, DarmawatiUNSPECIFIED
CorrectorDesfiarni, DesfiarniUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:52
Last Modified: 18 Jan 2024 04:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49750

Actions (login required)

View Item View Item