Sistem Kemudi dan Sistem Suspensi pada All Terrain Vehicle (ATV) Listrik

Handika, Roy (2023) Sistem Kemudi dan Sistem Suspensi pada All Terrain Vehicle (ATV) Listrik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_8_ROY_HANDIKA_19072061_7550_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ATV Listrik adalah jenis motor listrik yang dirancang khusus untuk digunakan pada All-Terrain Vehicle (ATV), juga dikenal sebagai kendaraan semua medan. Motor ini berperan sebagai sumber daya untuk mengubah energi listrik dari baterai menjadi energi mekanis,yang kemudian digunakan untuk menggerakkan roa dan mengoperasikan kendaraan di berbagai medan seperti tanah,lumpur, berpasir,dan jalanan bebatuan. Prinsip kerja ATV listrik didasarkan pada hukum elektromagnetisme,dimana arus listrik yang mengalir melalui gulungan kawat pada motor menghasilkan medan magnet. Interaksi antara medan magnet ini dengan medan magnet yang lain menyebabkan rotor (bagian yang berputar pada motor) bergerak menghasilkan daya putar pada roda ATV. ATV listrik umumnya menggunakan arus motor searah (DC) atau motor induksi sebagai sumber daya. Motor DC memiliki rotor yang berputar karena arus searah yang mengalir melalui belitan medan dan belitan armature. Sementara itu,motor induksi menggunakan arus bolak-balik (AC) untuk menghasilkan gerakan rotasi pada rotor melalui medan magnet yang berubah secara periodik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurdin, HendriUNSPECIFIED
CorrectorPrimawati, PrimawatiUNSPECIFIED
CorrectorSari, Delima YantiUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:48
Last Modified: 18 Jan 2024 04:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49725

Actions (login required)

View Item View Item