Ficanysha, Yufa
(2023)
Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy untuk Mengurangi Kecemasan Siswa pada Matematika.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan kecemasan siswa pada matematika sebelum dibandingkan sesudah mengikuti konseling kelompok cognitive behavior therapy, (2) menganalisis perbedaan sebelum dibandingkan sesudah mengikuti konseling kelompok yang biasa digunakan guru BK di sekolah, (3) menganalisis efektivitas konseling kelompok cognitive behavior therapy untuk mengurangi kecemasan siswa pada matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment design dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 144 siswa, dan diambil 20 siswa yang dibagi menjadi 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan model skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan kecemasan siswa pada matematika sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok cognitive behavior therapy, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kecemasan siswa pada matematika sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok yang biasa digunakan guru BK di sekolah, (3) terdapat efektivitas yang signifikan konseling kelompok cognitive behavior therapy untuk mengurangi kecemasan siswa pada matematika. Oleh karena itu konseling kelompok cognitive behavior therapy efektif untuk mengurangi kecemasan siswa pada matematika.
Actions (login required)
|
View Item |