Pengembangan Media Interaktif berbasis Android pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK

Della, Rahma (2023) Pengembangan Media Interaktif berbasis Android pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_RAHMA_DELLA_20138044_2327_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media interaktif pada SMK Negeri 1 Bungo yang valid, praktis dan efektif. Media ini dirancang guna membantu siswa dalam belajar dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga pembelajaran yang dapat dilakukan dikelas secara langsung maupun diluar kelas secara mandiri tanpa harus terikat dengan waktu dan tempat. Desain penelitian ini menggunakan four-D yang langkah-langkahnya terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Jenis data yang digunakan adalah data primer dimana data yang didapatkan langsung dari sumbernya, yaitu sekolah, guru, pakar dan siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriftif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah media interaktif berbasis android. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan valid dengan rata-rata validitas dari validator satu sebesar 0,86 dengan kategori valid, validator dua sebesar 0,76 dengan kategori valid, dan 0,87 dari validator ketiga, dari aspek materi rata-rata validitas dari dua validator sebesar 0,85 dengan kategori valid. Media yang dikembangkan praktis dari nilai rata-rata pengamatan terhadap kelompok perseorangan dan kelompok kecil yaitu 89,65 pada aspek kemudahan, 85,73 pada aspek waktu, 88,92 pada aspek penggunaan, sedangkan dari hasil respon guru sebesar 89,55% dan respon siswa sebesar 87,17%, serta efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa yang diperoleh dari perhitungan gain score yang diperoleh sebesar 0,69 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpukan bahwa media pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai sebuah media untuk pembelajaran komputer dan jaringan dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorIrfanan, DedyUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA BERBASIS ANDROID, MEDIA INTERAKTIF
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:21
Last Modified: 18 Jan 2024 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49717

Actions (login required)

View Item View Item