Pengaruh Literasi Keuangan, Toleransi Resiko, dan Rasa Percaya Diri yang Berlebihan terhadap Keputusan Investasi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang

Rido, Mhd. (2023) Pengaruh Literasi Keuangan, Toleransi Resiko, dan Rasa Percaya Diri yang Berlebihan terhadap Keputusan Investasi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B.1_01_MHD_RIDO_19053013_7994_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh literasi keuangan, toleransi resiko dan rasa percaya diri yang berlebihan terhadap keputusan investasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik propotional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan Self-Administered Questionnaire. Kusiner disebarkan kepada 96 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh literasi keuangan yang signifikan terhadap keputusan investasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang, terdapat pengaruh toleransi resiko yang signifikan terhadap keputusan investasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang, terdapat pengaruh rasa percaya diri yang berlebihan yang signifikan terhadap keputusan investasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang Dan secara bersama terhadap keputusan investasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang. Implikasi dari penelitian ini, mahasiswa diharapkan mampu bertindak dalam mengambil keputusan berdasarkan informasi dan pemahaman keuangan yang tepat, dan mahasiswa harus mampu membedakan resiko yang dapat ditoleransi dalam keputusan investasi serta mahasiswa harus mampu mengendalikan faktor emosional dan perasaan dalam mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrianto, AgusUNSPECIFIED
CorrectorSusanti, DessiUNSPECIFIED
CorrectorAfdal, ZulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: literasi keuangan, toleransi resiko, rasa percaya diri yang berlebihan, keputusan investasi
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:45
Last Modified: 18 Jan 2024 04:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49712

Actions (login required)

View Item View Item