Hubungan Kelengkapan Fasilitas Keselamatan Kerja terhadap Tingkat Kecelakaan Kerja di Bengkel Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang

Hanafi, Akbar (2023) Hubungan Kelengkapan Fasilitas Keselamatan Kerja terhadap Tingkat Kecelakaan Kerja di Bengkel Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_7_AKBAR_HANAFI_19067078_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja ialah hal yang harus diterapkan pada saat berada di industry dan bengkel. Sehingga pekerjaan yang dilakukan di bengkel dapat berjalan dengan seharusnya. Kelengkapan fasilitas keselamatan kerja yang lengkap dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara fasilitas keselamatan kerja terhadap tingkat kecelakaan kerja dan seberapa besar hubungan tersebut. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Padang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dengan cara observasi dan membagikan angket kepada siswa, observasi digunakan untuk mendapatkan data dari kelengkapan fasilitas keselamatan kerja dengan mengolah data kualitatif menjadi data kuantitatif dan angket digunakan untuk mendapatkan data tingkat kecelakaan kerja. Berdasarkan uji hipotesis yaitu uji korelasi diperoleh nilai sig 0,005 < sig 0,05 dengan demikian dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan dan hasil uji koefisien terdapat besarnya hubungan antara dua variabel sebesar 76,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMulianti, MuliantiUNSPECIFIED
CorrectorIrzal, IrzalUNSPECIFIED
CorrectorAdri, JunilUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:21
Last Modified: 18 Jan 2024 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49704

Actions (login required)

View Item View Item