Pengembangan Desain Pembelajaran Trigonometri Berbasis Problem Based Learning (PBL) Bernuansa Etnomatematika Melayu Jambi

Hamdani, Vikri (2023) Pengembangan Desain Pembelajaran Trigonometri Berbasis Problem Based Learning (PBL) Bernuansa Etnomatematika Melayu Jambi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_VIKRI_HAMDANI_20205035_8388_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan pada siswa kelas X SMA yang menyatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah pada setiap indikator kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan siswa rendah diakibatkan pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan bahan ajar yang digunakan belum optimal dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan sebuah desain pembelajaran trigonometri berbasis Problem Based Learning bernuansa etnomatematika Melayu Jambi yang diimplementasikan pada buku guru dan buku siswa. Penelitian ini menggabungkan dua jenis design research yaitu model pengembangan Plomp dan model Gravemeijer dan Cobb. Untuk mengimplementasikan alur pembelajaran maka buku guru dan buku siswa dirancang menggunakan design research Plomp. Selanjutnya, untuk pengembangan alur pembelajaran dirancang dengan menggunakan design research Gravemeijer dan Cobb. Desain pembelajaran difokuskan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik trigonometri dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, pedoman wawancara, lembar observasi, angket dan tes kemampuan komunikasi matematis. Penelitian menghasilkan desain pembelajaran trigonometri berbasis Problem Based Learning bernuansa etnomatematika Melayu Jambi yang telah divalidasi oleh para pakar menunjukkan bahwa HLT memenuhi kriteria “sangat valid” dengan nilai validitas sebesar 3,69, untuk buku guru memenuhi kriteria “valid” dengan nilai validitas sebesar 3,48, dan untuk buku siswa memenuhi kriteria “valid” dengan nilai validitas sebesar 3,44. Desain pembelajaran yang telah diujicobakan juga memenuhi kriteria “praktis” dengan persentase 83,24% untuk buku guru dan kriteria “sangat praktis” dengan persentase 86,46% untuk buku siswa. Selanjutnya, desain pembelajaran yang dimplementasikan juga efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh rata-rata 82,11 yang memenuhi kriteria baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran trigonometri berbasis Problem Based Learning bernuansa etnomatematika Melayu Jambi dinyatakan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorI Made, ArnawaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DESAIN PEMBELAJARAN, PROBLEM BASED LEARNING, ETNOMATEMATIKA, KOMUNIKASI MATEMATIS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:55
Last Modified: 18 Jan 2024 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49695

Actions (login required)

View Item View Item