Pengaruh Penggunaan Media Video Pembuatan Pola Bustier Terhadap Hasil Belajar Costume Made Siswa SMK N 1 Ampek Angkek

Gustia, Mauli Datul (2023) Pengaruh Penggunaan Media Video Pembuatan Pola Bustier Terhadap Hasil Belajar Costume Made Siswa SMK N 1 Ampek Angkek. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Mauli_Datul_Gustia_18075164_5040_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam pembuatan pola bustier yang menyebabkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran costume made, sehingga perlu adanya strategi baru seperti penggunaan media video pembelajaran, namun belum diketahui pengaruh penggunaan media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan hasil belajar pembuatan pola bustier siswa kelas XII Tata Busana SMK N 1 Ampek Angkek, dan 2) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan jobsheet dengan media video pada pembelajaran pembuatan pola bustier di kelas XII Tata Busana SMK N 1 Ampek Angkek. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk quasi experiment atau eksperimen semu dengan menggunakan desain nonequivalent control group design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan media video, sedangkan kelompok kontrol menggunakan jobsheet. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Tata Busana yang berjumlah 50 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian keterampilan, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pembuatan pola bustier yang diperoleh kelas kontrol yaitu 79,35, sedangkan hasil belajar pembuatan pola bustier yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 85,17. Perbedaan hasil belajar didapatkan dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai thitung 2,110 > ttabel 2,011 atau sig. (2- tailed) 0,040 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media video dan jobsheet. Hal ini dapat dimaknai bahwa penggunaan media video pada pembuatan pola bustier sangat berpengaruh dan efektif digunakan daripada jobsheet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelmira, WeniUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorPuspaneli, PuspaneliUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:31
Last Modified: 18 Jan 2024 01:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49686

Actions (login required)

View Item View Item