Pengembangan E-Modul Pembelajaran Gambar Teknik untuk Siswa Kelas X Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMKN 1 Koto XI Tarusan

Mairiza, Wempi (2023) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Gambar Teknik untuk Siswa Kelas X Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMKN 1 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_1_WEMPI_MAIRIZA_19061021_8000_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dijumpai yaitu masalah pembelajaran gambar teknik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) atau Research and Development. Model pengembangan ini mengacu pada model pengembangan (DDD-E) dengan 4 tahapan yaitu Decide, Design, Develop, dan Evaluate. Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahliyaitu 3 ahli materi, 3 ahli media dan subjek penelitian untuk uji kelayakan yaitu siswa Kelas X Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMKN 1 Koto XI Tarusan sebanyak 29 orang. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi untuk mendapatkan data validasi produk, dan angket respon peserta di dikuntuk mendapatkan kelayakan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas materi berada dalam kategori sangat valid dengan tingkat pencapaian 91.3%. Validitas media dengantingkat pencapaian91.4% berada dalam kategori sangat valid, sedangkan uji kelayakan dengan tingkat pencapaian 83.4% dengan kategori sangat layak. Kesimpulan pada penelitian ini adalah e-modul pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran Gambar Teknik Kelas X Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMKN 1 Koto XI Tarusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, Ari Syaiful RahmanUNSPECIFIED
CorrectorGusmareta, YuwalitsUNSPECIFIED
CorrectorRifwan, FitraUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:30
Last Modified: 19 Jan 2024 08:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49685

Actions (login required)

View Item View Item