Struktur, Kategori, dan Fungsi Sosial Pertanyaan Tradisional (Riddles) Masyarakat Kenagarian Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Srisyaf, Apni Yuan (2023) Struktur, Kategori, dan Fungsi Sosial Pertanyaan Tradisional (Riddles) Masyarakat Kenagarian Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_APNI_YUAN _RISYAF_19017040_5120_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) struktur pertanyaan tradisional (riddles) masyarakat Kenagarian Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, (2) kategori pertanyaan tradisional (riddles) masyarakat Kenagarian Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, dan (3) fungsi sosial pertanyaan tradisional (riddles) masyarakat Kenagarian Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah pertanyaan tradisional (riddles) masyarakat Kenagarian Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Pengumpulan data dari informan dilakukan melalui dua tahap yaitu perekaman pertanyaan tradisional (riddles) dan pengumpulan data tentang lingkungan penceritaan. Analisis data dilakukan dengan empat tahap (1) tahap transkripsi data, (2) tahap klasifikasi data, (3) tahap pembahasan dan penyimpulan hasil, dan (4) tahap pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hal-hal berikut: (1) struktur pertanyaan tradisional (riddles) masyarakat Kenagarian Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya terdiri atas : (a) pertanyaan tradisional (riddles) yang bertentangan, dan (b) pertanyaan tradisional (riddles) yang tidak bertentangan. (2) kategori pertanyaan tradisional (riddles) masyarakat Kenagarian Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya terdiri atas : (a) persamaan dengan manusia, (b) persamaan dengan binatang, (c) persamaan dengan tanaman, (d) persamaan dengan benda mati, dan (e) persamaan dengan warna. (3) fungsi sosial pertanyaan tradisional (riddles) masyarakat Kenagarian Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya terdiri atas : (a) menguji kepandaian orang lain, dan (b) hiburan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHasanuddin WS, Hasanuddin WSUNSPECIFIED
CorrectorZulfadhli, ZulfadhliUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Muhammad IsmailUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:28
Last Modified: 18 Jan 2024 01:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49681

Actions (login required)

View Item View Item