Pengelompokan Provinsi di Indonesia BerdasarkanJenis-JenisKekerasanTerhadap Anak Tahun 2022 Menggunakan Analisis K-means Klaster

Fadila, Haika Rahma (2023) Pengelompokan Provinsi di Indonesia BerdasarkanJenis-JenisKekerasanTerhadap Anak Tahun 2022 Menggunakan Analisis K-means Klaster. Diploma thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_10_HAIKA_RAHMA_FADILA_20037028_9210_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peraturan Menteri NegaraPemberdayaanPerempuan danPerlindunganAnak(Permeneg PP & PA) Nomor 2 Tahun 2010 mendefinisikankekerasanterhadapanaksebagaisetiapperbuatan yang berakibattimbulnyakesengsaraan atau penderitaansecarafisik, mental, seksual, psikologis, termasukpenelantaran dan perlakuanburuk yang mengancamtubuh dan merendahkanmartabatanak. Di Indonesia, jumlah korban kekerasanterhadapanak yang tercatat pada tahun 2022 sebanyak 21.625 jiwa. Permasalahankekerasanterhadapanak ini sangatmengkhawatirkan, apalagi pada daerah-daerahdengantingkatkekerasan paling tinggi. Pengelompokanprovinsi di Indonesia berdasarkanproporsi korban kekerasanterhadapanakdilakukansebagai salah satuupayadalammembantupemerintahdalammenekanangkakasuskekerasanterhadapanak dan mempermudahdalampenanganankasus tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis K-means klaster karenateknikklastering ini lebih baik digunakan untuk jumlah data yang besar. K-meansmembagikelompok klaster berdasarkan rata-rata antarajarakterdekatdenganpusat klaster. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperolehdariSistemInformasi Gender dan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Badan Pusat Statistik. Hasil pengelompokanmembagi 3 kelompokberdasarkanhasil jumlah k optimal menggunakan metode Elbow. Adapun Klaster 1 mencakup 11 provinsi, yaitu Bengkulu, Kep. Bangka Belitung, Kep. Riau, DI Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Maluku. Klaster 2 mencakup 4 provinsi, yaitu Kalimantan Utara, Gorontalo, Maluku Utara, dan Papua Barat. Klaster 3 mencakup 19 provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitri, FadhilahUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorMartha, ZamahsaryUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEKERASAN ANAK, MENTAL ANAK, PERLINDUNGAN ANAK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:35
Last Modified: 17 Jan 2024 06:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49675

Actions (login required)

View Item View Item