Pengaruh Penambahan Diethanolamine (DEA) pada Sintesis dan Karakterisasi Copper Tin Oxide (CuSnO3) dengan Metode Sol-Gel

Karlina, Lilis (2023) Pengaruh Penambahan Diethanolamine (DEA) pada Sintesis dan Karakterisasi Copper Tin Oxide (CuSnO3) dengan Metode Sol-Gel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_LILIS_KARLINA_19036018_9088_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan konsumsi listrik di Indonesia menjadi permasalahan pada masa sekarang, karena ketidakseimbangan antara kebutuhan energi listik dengan usaha penyedian tenaga listrik. Sumber energi batu bara dan bahan lainnya yang merupakan bahan baku energi listrik yang dapat habis jika digunakan secara terus-menurus. Maka diperlukannya sumber energi terbarukan dan pengembangan energi alternatif, yaitu melalui energi surya menggunakan bahan semikonduktor. Semikonduktor amorf memiliki daya tarik yang besar karena memiliki sifat listrik dan optik yang unik yang memiliki dampak besar pada kinerja sel surya, fotokatalis dan elektokatalis. Bahan semikonduktor yang digunakan pada peneliatian ini yaitu Copper Tin Oxide (CuSnO3). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang diawali dengan mensintesis CuSnO3 dengan menggunakan prekursor SnCl2.2H2O dan Cu(NO3)2.3H2O dengan pelarut metanol menggunakan metode sol-gel. Kemudian dilakukan variasi penambahan zat aditif diethanolamine (DEA) dan variasi waktu kalsinasi. Hasil penelitian yang telah berhasil disintesis selanjutnya dikarakterisasi dengan menggunakan UV-Diffuse Reflectan (UV-RDS), X-Ray Difraction (XRD), dan X-Ray Fluorecence (XRF). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahan semikonduktor CuSnO3 telah berhasil disintesis dengan metode sol-gel dengan variasi penambahan zat aditif DEA dan variasi lama waktu kalsinasi. Energi band gap yang diperoleh berdasarkan data hasil UV-DRS yang dianalisis dengan persamaan Kubelka-Munk. Perolehan band gap dengan variasi DEA 1mL; 1,5 mL; 2 mL yaitu 3,21 eV; 3,22 eV; 3,1 eV.Perolehan ukuran Kristal dengan XRD yang menggunakan formula Debye Scherrer tanpa DEA dan 2 mL DEA yaitu 21,05 nm dan 47,9 nm. Energi band gap dengan variasi waktu kalsinasi 3,4 dan 5 jam yaitu 3,37 eV; 3,1 eV; 3,13 eV, dengan ukuran Kristal yaitu sebesar 42,49 nm; 47,83 nm; 40,75 nm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSanjaya, HaryUNSPECIFIED
CorrectorNasra, EdiUNSPECIFIED
CorrectorNizar, Umar KalmarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DIETHANOLAMINE, SINTESIS, KARAKTERISASI COPPER TIN OXIDE
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:23
Last Modified: 18 Jan 2024 08:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49673

Actions (login required)

View Item View Item