Pengaruh Penambahan Blocking Agent Terhadap Penyerapan Ion Logam Cd2+ pada Kulit Langsat (Lansium domesticum) dengan Metode Kolom

Ideal, Flami Luthfianisa (2023) Pengaruh Penambahan Blocking Agent Terhadap Penyerapan Ion Logam Cd2+ pada Kulit Langsat (Lansium domesticum) dengan Metode Kolom. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_8_FLAMI_LUTHFIANISA_IDEAL_19036122_8923_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Logam Cd2+ merupakan salah satu logam berat yang berbahaya yang terkandung dari berbagai macam limbah industri yang belum ditanggulangi dengan baik. Adanya logam berat dalam perairan menyebabkan pencemaran lingkungan dan kerusakan ekosistem sehingga dapat mengganggu kesehatan manusia. Biosorpsi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyerap kadar logam berat yang terkandung dalam air limbah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan gugus fungsi karboksil pada proses biosorpsi logam Cd2+ dalam biomassa kulit langsat (Lansium domesticum) menggunakan metode kolom. Membloking gugus fungsi karboksil menggunakan reagen metanol p.a 99%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gugus karboksil memainkan peran penting dalam proses penyerapan ion Cd2+ oleh biomassa kulit langsat. Dapat dilihat dari menurunnya kapasitas serapan dari 16,5425 mg/g menjadi 9,3872 mg/g dengan persentase penurunan sebesar 43,25%. Biosorpsi ion Cd2+ oleh kulit langsat memenuhi persamaan isoterm Langmuir dengan nilai R 2 = 0,9962 untuk kulit langsat tanpa dibloking dan R2 = 0,995 untuk kulit langsat yang dibloking dengan metanol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BIOSORPTION, BLOCKING AGENT, LANSIUM DOMESTICUM
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:35
Last Modified: 17 Jan 2024 06:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49670

Actions (login required)

View Item View Item