Pengembangan Modul Fisika Berbasis Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi Kearifan Lokal pada Materi Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar Kelas XI SMA/MA

Habibah, Fitratul Hayana (2023) Pengembangan Modul Fisika Berbasis Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi Kearifan Lokal pada Materi Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_5_FITRATUL_HAYANA_HABIBAH_18033143_7035_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar fisika merupakan bagian dalam pembelajaran. Bahan ajar fisika berfungsi untuk membantu guru dalam mengajar dan membantu peserta didik dalam belajar. Namun fakta yang ditemukan di lapangan bahwa guru yang masih menggunakan model pembelajaran langsung, masih terbatasnya penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar fisika pada materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai validitas dan praktikalitas dari modul fisika berbasis project based learning (PjBL) terintegrasi kearifan lokal pada materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain (Design Research). Objek pada penelitian adalah modul fisika berbasis project based learning (PjBL) terintegrasi kearifan lokal pada materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian self evaluation, lembar validasi tenaga ahli, lembar penilaian one to one, dan lembar praktikalitas guru dan peserta. Teknik analisis data untuk validasi produk menggunakan indeks Aiken’s V dan uji kepraktisan produk menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Pertama, modul fisika berbasis project based learning (PjBL) terintegrasi kearifan lokal pada materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar adalah sangat valid dengan nilai rata-rata validasi modul adalah 0,83. Kedua, modul adalah sangat praktis dengan nilai rata-rata praktikalitas guru yaitu 87% dan nilai rata-rata praktikalitas peserta didik yaitu 77%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul fisika berbasis project based learning (PjBL) terintegrasi kearifan lokal pada materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar layak digunakan oleh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL, PROJECT BASED LEARNING, KEARIFAN LOKAL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:34
Last Modified: 17 Jan 2024 06:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49667

Actions (login required)

View Item View Item