Prediksi Fragmentasi Peledakan Menggunakan Metode Kuz-ram dan MetodeImage Analysis di Bukit Karang Putih PT. Semen Padang

Febriani, Rahma (2023) Prediksi Fragmentasi Peledakan Menggunakan Metode Kuz-ram dan MetodeImage Analysis di Bukit Karang Putih PT. Semen Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_1_RAHMA_FEBRIANI_20137055_7146_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Batu Kapur mempunyai sifat massive dan keras sehingga untuk produksi perlu dilakukan penanganan dengan pemberaian massa batuan. Pemberaian massa batuan dilakukan dengan penggeboran dan peledakan yang bertujuan untuk memberai batuan sesuai dengan ukuran fragmentasi batuan yang telah direncanakan. Salah satu faktor keberhasilam operasi peledakan adalah ukuran fragmentasi batuan yang dihasilkan.dimana, nantinya besar kecil fragmentasi yang dihasilkanakan mempengaruhi pengambilan dan pembongkaran material hasil peledakan. Perusahaan memiliki target fragmentasi hasil peledakan adalah tidak lebih dari 15% dengan ukuran ± 80 cm. Adapun persentase boulder dari hasil peledakan aktual adalah ± 28%, sehingga menganggu peforma alat gali muat menjadi tidak efektif dan dapat mengakibatkan target produksi tidak tercapai. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui persentase ukuran fragmentasi hasil kegiatan peledakan secara teoritis dan menggunakan Software Split Deskstop. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi sejauh mana keberhasilan peledakan yang dilakukan oleh PT. Semen Padang, sehingga perusahaan dapat menentukan geometri peledakan yang tepat untuk digunakan. Metode yang digunakan dalam menganalisis hasil fragmentasi peledakan adalah menggunakan metode Kuz Ram dan Software Spilt Desktop. MetodeKuz-Ram sangat memperhatikan ukuran fragmentasi batuan hasil peledakan.Selain itu, analisis dengan model Kuz-Ram yang didasakan pada parameter factor batuan, volume batuan dan bahan peledak yang dipakai. Untuk menggetahui tingkat fragmentasi batuan hasil peledakan dapat menggunakan Metode Image Analysis yaitu Software Split Desktop. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, persentase perhitungan fragmentasi hasil peledakan aktual menggunakan software split desktop adalah74,12% dengan persentase boulder sebesar 25,88%. Sedangkan hasil prediksi fragmentasi hasil peledakan model Kuz-ram yaitu71,98% dengan persentase boulder 28,02%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRusli, RusliUNSPECIFIED
CorrectorYulhendra, DedyUNSPECIFIED
CorrectorAndas, JukepsaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:34
Last Modified: 17 Jan 2024 06:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49666

Actions (login required)

View Item View Item