Pelayanan Samsat Tanjak dalam Meningkatkan Pelayanan Pajak Kepada Masyarakat Perawang

Varizkayanti, Varizkayanti (2023) Pelayanan Samsat Tanjak dalam Meningkatkan Pelayanan Pajak Kepada Masyarakat Perawang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_VARIZKAYANTI_19042091_7941_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Kantor Bersama Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Daerah Provinsi Riau membuat berbagai layanan inovasi, salah satunya adalah SAMSAT TANJAK.SAMSAT TANJAK pertama kali diluncurkan di UPT Pengelolaan Pendapatan Perawang pada bulan September 2021.Sejak pelaksanaan pelayanan SAMSAT TANJAK tersebutternyata pelayanan SAMSAT TANJAK masih belum bisa menjangkau seluruh masyarakat Kecamatan Tualang yang disebabkan masih terbatasnya armada dan jumlah petugas SAMSAT TANJAK.Masih adanya wajib pajak yang belum mengetahui informasi tentang layanan yang diberikan oleh SAMSAT TANJAK, mengenai hari pelayanan yang dirasakan masih kurang dan keluhan lainnya seperti masalah jaringan yang terkadang dirasakan oleh wajib pajak.Penelitian ini melihat tentang pelayanan SAMSAT TANJAK di Kecamatan Tualang dan fakor penghambat dan pendukung pelayanan SAMSAT TANJAK tersebut. Penelitian ini menggunakan teori service delivery yang dikemukakan oleh Hesket et al. Ada enam aspek untuk membentuk sistem penyampaian jasa yaitu dukungan sistem informasi, lokasi perusahaan, suasana tempat layanan, tata ruang, manajemen penanganan pelanggan, dan peralatan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif semu (quasi qualitative).Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelayanan SAMSAT TANJAK oleh UPT Penglolaan Pendapatan Perawang di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak masih belum optimal. Hal ini dilihat dari bentuk dukungan sistem informasi masih belum optimal yang ditandakan dengan masih banyaknya masyarakat yang bingung tentang SAMSAT TANJAK, lokasi pelayanan SAMSAT TANJAK yang belum konsisten, suasana tempat layanan/dekorasi yang belum memberikan rasa nyaman dan minimnya dekorasi yang digunakan, tata ruang yang belum bisa dilaksanakan secara sepenuhnya karena fasilitas yang digunakan bersifat meminjam dan menumpang sehingga petugas SAMSAT TANJAK tidak memiliki kuasa untuk mengadakan tata ruang di lokasi-lokasi pelayanan SAMSAT TANJAK tersebut, dan peralatan kantor yang digunakan juga belum optimal. Sedangkan faktor penghambat pelayanan SAMSAT TANJAK yaitu partisipasi masyarakat yang masih kurang, kendala jaringan, kendala cuaca buruk, dan terbatasnya penggunaan gedung yang diberikan untuk pelaksanaan SAMSAT TANJAK, sedangkan yang menjadi faktor pendukung adalah teknologi informasi yang digunakan sudah baik serta kualitas sumber daya manusia yang sudah memadai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMagriasti, LinceUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PELAYANAN SAMSAT TANJAK
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:05
Last Modified: 17 Jan 2024 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49662

Actions (login required)

View Item View Item