Menumbuhkan Minat Siswa dalam Pengembangan Diri Seni Tari di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman

Fajar, Anisa Yusti (2023) Menumbuhkan Minat Siswa dalam Pengembangan Diri Seni Tari di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ANISA_YUSTI_FAJAR_19023059_5390_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan minat siswa dalam pengembangan diri seni tari di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Objek penelitian adalah SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis, Populasinya yaitu siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa yang berminat mengikuti kegiatan pengembangan diri seni tari berjumlah 14 orang siswa perempuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan rumus persentase untuk menentukan tolak ukur indikator minat siswa yang dilihat dari perasaan senang, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pertumbuhan minat siswa dari pertemuan pertama sampai pertemuan kelima. Data akhir yang diperoleh dari indikator perasaan senang yaitu pada kategori tidak senang ada 0 siswa (0%), kategori senang ada 2 siswa (14%), dan kategori sangat senang ada 12 siswa (86%). Tingkat Capaian Responden(TCR) indikator perasaan senang 59% tergolong sedang. Ketertarikan siswa, pada kategori tidak tertarik ada 0 siswa (0%), kategori tertarik ada 2 siswa (14%), dan kategori sangat tertarik ada 12 siswa (86%). Tingkat Capaian Responden (TCR) indikator ketertarikan siswa 54% tergolong sedang. Perhatian siswa, kategori tidak perhatian ada 0 siswa (0%), kategori perhatian ada 3 siswa (21%), dan kategori sangat perhatian ada 11 siswa (79%). Tingkat Capaian Responden (TCR) perhatian siswa 54% tergolong sedang. Keterlibatan siswa, kategori tidak terlibat ada 0 siswa (0%), kategori terlibat ada 0 siswa (0%), dan kategori sangat terlibat ada 14 siswa (100%). Tingkat Capaian Responden (TCR) keterlibatan siswa 53% tergolong sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstuti, FujiUNSPECIFIED
CorrectorSusmiarti, SusmiartiUNSPECIFIED
CorrectorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:30
Last Modified: 17 Jan 2024 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49652

Actions (login required)

View Item View Item