Pengaruh Pupuk Organik Cair Teknologi Nano Terhadap Pertumbuhan Tanaman Bayam Merah (Amaranthus tricolor L.) Yang Dibudidayakan Secara Hidroponik.

Putri, Fadilla Sonia (2023) Pengaruh Pupuk Organik Cair Teknologi Nano Terhadap Pertumbuhan Tanaman Bayam Merah (Amaranthus tricolor L.) Yang Dibudidayakan Secara Hidroponik. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_4_FADILLA_SONIA_PUTRI_19032123_7439_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bayam merah (Amaranthus tricolor L.) banyak diminati masyarakat. Metode penanaman hidroponik sistem wick menjadi solusi kebutuhan bayam merah di masyarakat. Campuran AB Mix dan Pupuk Organik Cair (POC) merupakan unsur hara yang dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tanaman budidaya. Namun metode tanam hidroponik memiliki kelemahan yaitu munculnya presipitasi nutrisi, sehingga penggunaan nanoteknologi dalam penelitian ini merupakan inovasi yang dapat memecah ukuran partikel menjadi lebih kecil, sehingga tanaman dapat menyerap nutrisi dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan dan 4 ulangan dan yaitu Kontrol (Air sumur+AB Mix), P1 (Air teknologi nano+100% AB Mix), P2 (Air teknologi nano+25% POC+75% AB Mix), P3 (Air teknologi nano+50% POC+50% AB Mix), P4 (Air teknologi nano+75% POC+25% AB Mix), P5 (Air teknologi nano+100% POC). Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam (ANOVA) dan dilajutkan dengan uji DMRT pada taraf 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pupuk organik cair teknologi nano terhadap pertumbuhan bayam merah (Amaranthus tricolor L.) yang dibudidayakan secara hidroponik, yaitu pada pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat basah dan berat kering tanaman. Rata-rata tanaman tertinggi adalah pada P2 dengan tinggi tanaman 18,9 cm, rata-rata jumlah daun terbanyak pada P2 dengan 9,75 helai daun, rata-rata luas daun tertinggi pada P1 dengan 239,487 cm 2 , rata-rata berat basah tertinggi pada P1 dengan 3,75 gr, rata-rata berat kering tertinggi pada P1 dengan 1,61 gram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFevria, RestiUNSPECIFIED
CorrectorDes, DesUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Irma Leilani EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAYAM MERAH, HIDROPONIK, PUPUK ORGANIK CAIR
Subjects: Q Science > QK Botany
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:49
Last Modified: 16 Jan 2024 08:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49649

Actions (login required)

View Item View Item