Nilai –Nilai Moral Dalam Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Andri, Andri (2023) Nilai –Nilai Moral Dalam Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ANDRI_17016054_6830_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) nilai moral hubungan manusia dengan tuhan, (2) nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri, (3) nilai moral hubungan manusia dengan sesame dalam novel Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra, dan (4) implikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Data penelitian ini berupa kata, rasa, klausa, maupun kalimat yang berkaitan dengan nilai-nilai moral yang ada dalam novel Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Selanjutnya teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara, yaitu (1) membaca dan memahami novel Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra secara keseluruhan guna memperoleh pemahaman yang jelas mengenai isi dari novel, (2) mencatat data tentang nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra, (3) mengklasifikasikan data satuan yang berhubungan dengan nilai-nilai moral novel Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Teknik pengabsahan dalam penelitian ini menggunakan teknik uraian rinci yaitu dengan melaporkan hasil penelitiannya secara teliti dan secermat mungkin. Selanjutnya analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah kerja sebagai berikut: (1) reduksi data, dengan cara memilih data yang dianggap penting, (2) sajian data, merupakan penyajian secara analitik dalam bentuk uraian data-data dengan bukti kontekstual yang ada, (3) melakukan verifikasi dan menarik kesimpulan. Ada tiga temuan dalam penelitian ini. Pertama, nilai moral hubungan manusia dengan tuhan yang deskriptornya berdoa, dan bersyukur. Kedua, nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri yang deskriptornya pantang menyerah/ berjuang, mandiri, kerja keras, dan tegas.ketiga, nilai moral hubungan manusia dengan manusia lain deskriptornya akrab, peduli sesama, kerja sama, kasih saying, tolong menolong, meminta maaf, sopan santun, bertanggung jawab, berbohong, mengejek orang lain, berteriak/ berbicara tidak sopan, mencuri, dendam, dan sombong, dengan data yang paling banyak ditemukan adalah nilai moral hubungan manusia dengan tuhan dan nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:58
Last Modified: 16 Jan 2024 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49625

Actions (login required)

View Item View Item