Hubungan Perhatian Orangtua, Kebiasaan Membaca, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar dan Kreativitas Terhadap Literasi Sains

Mayasari, Ade (2023) Hubungan Perhatian Orangtua, Kebiasaan Membaca, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar dan Kreativitas Terhadap Literasi Sains. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_ADE_MAYASARI_21175001_8688_2023.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Literasi sains merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk berbagai aktivitas manusia, antara lain mengikuti petunjuk dalam suatu manual, untuk mencari tahu berbagai informasi terjadinya suatu peristiwa, untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam tujuan atau transaksi tertentu. Data hasil literasi sains peserta didik di Indonesia berdasarkan hasil tes PISA menunjukkan bahwa literasi sains siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Rendahnya skor PISA untuk aspek literasi sains maka perlu diketahui apa saja faktor-faktor yang memiliki hubungan agar literasi sains dapat meningkat. Untuk menjawab permasalahan, dalam penelitian ini akan dikembangkan sebuah model penelitian empiris dengan menggunakan 6 variabel penelitian, yaitu kebiasaan membaca, motivasi belajar, prestasi belajar, perhatian orangtua, kreativitas dan literasi sains. Penelitian ini mengajukan hipotesis dalam bentuk hubungan langsung dan hubungan tak langsung. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari responden melalui penyebaran angket dan tes, serta data sekunder yang diperoleh dari hasil nilai ujian akhir sekolah dengan jumlah responden sebanyak 270 siswa pada tiga sekolah secara acak dengan akreditasi yang berbeda dan analisis data menggunakan SEM-PLS melalui aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian diketahui bahwa kebiasaan membaca dan kreativitas memiliki hubungan yang signifikan terhadap literasi sains. Kebiasaan membaca memiliki hubungan yang signifikan terhadap motivasi belajar dan kreativitas. Motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar dan kreativitas. Perhatian orang tua memiliki hubungan yang signifikan terhadap kebiasaan membaca, motivasi belajar, dan prestasi belajar. Setelah mengetahui hubungan langsung tersebut, diketahui pula hubungan tak langsung bahwa perhatian orang tua memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar jika dimediasi oleh kebiasaan membaca dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEBIASAAN MEMBACA, KREATIVITAS, LITERASI SAINS, MOTIVASI BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:53
Last Modified: 16 Jan 2024 03:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49617

Actions (login required)

View Item View Item