Peran Pemerintah Nagari Dalam Meningkatkan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Nagari Kasang Kecamatan Batang Anai

Suryani, Deltavia (2023) Peran Pemerintah Nagari Dalam Meningkatkan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Nagari Kasang Kecamatan Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_DELTAVIA_SURYANI_19233023_6528.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bagaimana upaya pemerintah nagari dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Nagari Kasang Kecamatan Batang Anai. Latar Belakang penelitian ini menjelaskan tentang masih lemahnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Nagari Kasang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan apa saja yang menjadi faktor penyebab rendahnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif, Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara dan observasi. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung kepada Wali Nagari Kasang mengenai penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan tahun 2019-2021 serta peran pemerintah nagari dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Nagari Kasang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa adapun faktor penyebab rendahnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan yaitu tingginya rasa malas, banyak kesalahan objek pajak, kurangnya tenaga pemungut pajak. Lalu upaya pemerintah nagari menumbuhkan kesadaran masyarakat dan meningkatkan partisipasi dalam membayar pajak bumi dan bangunan yaitu adanya dilakukan sosialisasi ke masyarakat tentang pajak bumi dan bangunan, himbauan keliling untuk masyarakat, sebaran baliho yang terpasang di jalan raya, pembagian kalender, event doorprise pemerintah daerah diadakan pelayanan pintu ke pintu masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLinda, Muthia RozaUNSPECIFIED
CorrectorFitra, HalkadriUNSPECIFIED
CorrectorThamrin, ThamrinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemerintah Nagari Kesadaran dan Partisipasi Pajak Bumi dan Bangunan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen-D3
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:54
Last Modified: 16 Jan 2024 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49614

Actions (login required)

View Item View Item