Pengembangan Local Instructional Theory Berbasis Realistics Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa dalam Belajar Geometri di Sekolah Dasar

Fannisa, Hani (2023) Pengembangan Local Instructional Theory Berbasis Realistics Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa dalam Belajar Geometri di Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_Hani_Fannisa_16169042_6405_2023.pdf

Download (849kB) | Preview

Abstract

Geometri merupakan salah satu aspek kajian dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar yang implementasinya banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan juga berhubungan dengan mata pelajaran lain. Meskipun demikian, geometri masih menjadi salah satu materi yang sulit bagi siswa. Hal ini terlihat dari masih banyaknya siswa yang belum mampu menguasai pembelajaran geometri dengan baik, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah, dan kemampuan matematis siswa yang masih lemah. Hal ini dapat dilihat dari hasil ujian harian siswa, hasil ujian akhir siswa, hasil lapioran TIMSS, dan hasil evaluasi PISA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teori pembelajaran geometri topik keliling bangun datar, luas bangun datar, dan volume bangun ruang berdasarkan alur belajar atau yang lebih dikenal dengan hypothetical learning trajectory (HLT) berbasis Realistics Mathematics Education (RME). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengkombinasikan dua model pengembangan yaitu model design research Plomp dan model design research Gravemeijer dan Cobb yang terdiri dari penelitian pendahuluan, fase pengembangan, dan fase penilaian. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, yang mendeskripsikan teori pembelajaran yang valid, praktis dan efektif yang dikemas dalam bentuk HLT, buku panduan pembelajaran, dan lembar kerja peserta didik berbasis RME. Hasil yang ditunjukkan dari pembelajaran geometri berbasis RME melalui buku panduan pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja peserta didik adalah valid, praktis dan efektif. Buku-buku tersebut valid karena telah memenuhi karakteristik dari validitas, baik dari segi isi maupun konsep. Buku-buku tersebut dikatakan praktis karena buku tersebut mudah digunakan dan dapat dimengerti oleh guru dan siswa, pengalokasian waktunya sangat efisien, menarik dan membantu dalam pembelajaran. Selanjutnya, dikatakan efektif karena penggunaan teori pembelajaran ini memiliki pengaruh yang besar terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, kemampuan matematis siswa dan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
Thesis advisorArnawa, I MadeUNSPECIFIED
CorrectorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorSyafruddin, SyafruddinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:54
Last Modified: 16 Jan 2024 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49613

Actions (login required)

View Item View Item