Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Inovasi Guru SD Negeri di Kota Bukittinggi

Haestetika, Meeka (2023) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Inovasi Guru SD Negeri di Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1-MEEKA_HAESTETIKA_21147048_6675_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Inovasi guru adalah kemampuan seorang guru dalam berkreativitas mengelola proses pembelajaran dengan kompetensi yang dimilikinya. Seorang guru yang inovatif akan mampu membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan dan suatu kebutuhan. Berdasarkan pra survei di lapangan tergambar bahwa inovasi guru SD Negeri di Kota Bukittinggi masih rendah. Hal ini diduga ada kaitannya dengan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja yang dimiliki oleh guru. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap inovasi guru SD Negeri di Kota Bukittinggi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif terhadap inovasi guru SD Negeri di Kota Bukittinggi, (2) Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap inovasi guru SD Negeri di Kota Bukittinggi dan (3) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap inovasi guru SD Negeri di Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan jenis asosiatif. Populasi adalah guru PNS SD Negeri di Kota Bukittinggi yang berjumlah 433 orang. Sampel penelitian berjumlah 148 orang yang diambil dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling, dengan mempertimbangkan strata pendidikan, masa kerja dan pangkat/golongan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji coba validitas didapatkan 38 butir pertanyaan yang valid untuk variabel inovasi guru, 38 butir pertanyaan valid untuk variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan 37 butir pertanyaan valid untuk variabel motivasi kerja. Uji reliabilitas ketiga variabel menunjukkan bahwa semua angket reliabel dengan nilai rhitung > rtabel, dimana rtabel = 0,361 dan rhitung untuk variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah = 0,980, motivasi kerja = 0,971 dan inovasi guru = 0,940. Selanjutnya data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji persyaratan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Hasil uji normalitas yang dilakukan dengan teknik Kolmogorov Smirnov-Z menunjukkan data yang didapatkan dari ketiga variabel tersebut berdistribusi normal karena memiliki nilai Asymp. Sig > 0,05 (kepemimpinan transformasional kepala sekolah = 0,301, motivasi kerja = 0,473 dan inovasi guru = 0,266). Pada pengujian homogenitas yang dilakukan dengan metode Uji Levene didapatkan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa data penelitian berasal dari varians yang sama (homogen) dengan melihat nilai signifikansi (Sig > 0,05) (kepemimpinan transformasional kepala sekolah = 0,140 dan motivasi kerja = 0,321). Pada pengujian linearitas yang dilakukan dengan uji F didapatkan variabel iv kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja cenderung membentuk garis linier terhadap variabel inovasi guru dengan melihat nilai signifikansi (Sig > 0,05) (kepemimpinan transformasional kepala sekolah = 0,484 dan motivasi kerja = 0,082). Selanjutnya hasil pengujian multikolinearitas dapat diketahui dengan melihat besarnya nilai VIF dan tolerance pada masing-masing variabel bebas, hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja tidak terdapat hubungan antara sesama variabel bebas tersebut, hal ini didapatkan karena kedua variabel memiliki nilai VIF < 10 dan nilai tolerance > 0,1 (VIF = 1,345 dan tolerance = 0,744). Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Hasil deskripsi data menunjukkan bahwa skor tingkat capaian rata-rata responden untuk variabel inovasi guru 82,15% berada pada kategori ―tinggi‖, untuk kepemimpinan transformasional kepala sekolah 91,12% berada pada kategori ―sangat baik‖ dan motivasi kerja guru 91,51% berada pada kategori ―sangat tinggi‖. Selanjutnya hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif terhadap inovasi guru sebesar 17,4%, (2) motivasi kerja berpengaruh positif terhadap inovasi guru sebesar 33,5%, dan (3) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap inovasi guru sebesar 35,3%. Hasil penelitian di atas mengimplikasikan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja adalah dua faktor yang dapat meningkatkan inovasi guru disamping melalui faktor-faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarsidin, SufyarmaUNSPECIFIED
CorrectorAnisah, AnisahUNSPECIFIED
CorrectorSulastri, SulastriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:07
Last Modified: 16 Jan 2024 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49610

Actions (login required)

View Item View Item