Play Therapy Menggunakan Kertas Warna untuk Mereduksi Mathematic Anxiety pada Anak

Syafitri, Prima Nadia (2023) Play Therapy Menggunakan Kertas Warna untuk Mereduksi Mathematic Anxiety pada Anak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Prima_Nadia_Syafitri_15151038_6508_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berhitung anak sangat diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan dasar matematika, seperti pengenalan konsep bilangan, lambang bilangan, warna, bentuk, ukuran, ruang, posisi dan dapat membentuk sikap logis, kritis, cermat dan kreatif pada diri anak. Hambatan/kesulitan yang dialami oleh anak yang dipengaruhi baik dari faktor internal maupun eksternal yang berdampak pada keberhasilan anak dalam belajar. Hal ini menyebabkan trauma dan mengalami kecemasan matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan play therapy menggunakan kertas warna untuk mereduksi mathematic anxiety pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah anak kelas III SDN 211/IX Mendalo Darat. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kriteria kondisi mathematic anxiety anak berada pada kategori sangat tinggi. Instrumen pengumpul data penelitian ini adalah skala mathematic anxiety, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis visual data dan grafik. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa play therapy menggunakan kertas warna efektif untuk mereduksi mathematic anxiety anak pada subjek AA, sebagai dampak perubahan konseling pada fase baseline meningkat selama intervensi dan stabil di fase follow up. Disarankan kepada konselor sekolah dapat menerapkan play therapy dalam mengembangkan kehidupan efektif sehari-hari (KES) dan mengentaskan kehidupan efektif sehari-hari (KES-T) yang bertujuan membentuk pribadi yang mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarjohan, MarjohanUNSPECIFIED
CorrectorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorNirwana, HermanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:00
Last Modified: 16 Jan 2024 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49608

Actions (login required)

View Item View Item