Syafitri, Prima Nadia
(2023)
Play Therapy Menggunakan Kertas Warna untuk Mereduksi Mathematic Anxiety pada Anak.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan berhitung anak sangat diperlukan untuk mengembangkan
pengetahuan dasar matematika, seperti pengenalan konsep bilangan, lambang
bilangan, warna, bentuk, ukuran, ruang, posisi dan dapat membentuk sikap logis,
kritis, cermat dan kreatif pada diri anak. Hambatan/kesulitan yang dialami oleh
anak yang dipengaruhi baik dari faktor internal maupun eksternal yang berdampak
pada keberhasilan anak dalam belajar. Hal ini menyebabkan trauma dan
mengalami kecemasan matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui
penerapan play therapy menggunakan kertas warna untuk mereduksi mathematic
anxiety pada anak.
Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan
desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah anak kelas III SDN 211/IX Mendalo
Darat. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling
dengan kriteria kondisi mathematic anxiety anak berada pada kategori sangat
tinggi. Instrumen pengumpul data penelitian ini adalah skala mathematic anxiety,
wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis
visual data dan grafik.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa play therapy menggunakan
kertas warna efektif untuk mereduksi mathematic anxiety anak pada subjek AA,
sebagai dampak perubahan konseling pada fase baseline meningkat selama
intervensi dan stabil di fase follow up. Disarankan kepada konselor sekolah dapat
menerapkan play therapy dalam mengembangkan kehidupan efektif sehari-hari
(KES) dan mengentaskan kehidupan efektif sehari-hari (KES-T) yang bertujuan
membentuk pribadi yang mandiri.
Actions (login required)
|
View Item |