Pengaruh Latihan Three Corner Drill Terhadap Kemampuan Kelincahan Pemain sepakbola (SSB) Persatuan Sepakbola Putra Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman

Sakti, Yompi Asmara (2023) Pengaruh Latihan Three Corner Drill Terhadap Kemampuan Kelincahan Pemain sepakbola (SSB) Persatuan Sepakbola Putra Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_YOMPI_ASMARA_SAKTI_18089125_6180_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kelincahan yang dimiliki oleh pemain sepakbola (SSB) Persatuan Sepakbola Putra Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Hal ini kemungkinan terjadi karena kurang tepatnya strategi/metode latihan yang digunakan pelatih. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Pengaruh latihan Three Corner Drill terhadap peningkatan kemampuan kelincahan pemain sepakbola (SSB) Persatuan Sepakbola Putra Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain “the one groups pre-test-post-test design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain sepakbola (SSB) Persatuan Sepakbola Putra Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 48 orang. Tekik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sample, sehingga sampel berjumlah 18. Data dikumpulkan dengan melakukan tes kelincahan dengan instrument Illionis Agility test. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan Uji t atau uji beda mean untuk membuktikan hipotesis yang dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan Three Corner Drill terhadap kemampuan kelincahan pemain sepakbola (SSB) Persatuan Sepakbola Putra Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman, diperoleh thitung 7,586> ttabel 1,740. Artinya, terdapat pengaruh latihan Three Corner Drill terhadap peningkatan kelincahan pemain sekolah sepakbola Persatuan Sepakbola Putra Pauh Kambar Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBahtra, RidhoUNSPECIFIED
CorrectorRifki, Muhammad SazeliUNSPECIFIED
CorrectorDinata, WindoUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:55
Last Modified: 16 Jan 2024 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49607

Actions (login required)

View Item View Item